Malut United datangkan penyerang Yandi Sofyan

Ternate (ANTARA) – Manajemen Malut United FC mempersiapkan tim secara maksimal untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2024-2025, termasuk menambah kekuatan di barisan depan tim berjulukan Laskar Kie Raha itu dengan menggaet pemain depan Yandi Sofyan.

“Yandi punya pengalaman bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Pengalamannya tentu bisa membantu Malut United bersaing di Liga 1 musim 2024-2025,” kata pelatih kepala Malut United, Imran Nahumarury di Ternate, Selasa.

Malut United resmi merekrut Yandi Sofyan (32 tahun) dengan kontrak berdurasi satu tahun. Yandi menjadi rekrutan ketujuh yang diumumkan Malut United dalam masa persiapan menjelang Liga 1 2024-2025.

Sebelumnya, manajemen Malut United telah mengumumkan kedatangan Muhammad Fahri (kiper), Manahati Lestusen (gelandang bertahan), Safrudin Tahar (bek), dan Wahyu Prasetyo (bek). Ditambah 2 pengisi slot pemain asing, yakni Tatsuro Nagamatsu dan Wbeymar Angulo.

Baca juga: Hadapi Liga 1 Malut United lepas 19 pemain

Kehadiran Yandi sebagai penyerang akan menambah kekuatan dan opsi di lini serang Laskar Kie Raha. Pesepak bola yang pernah menimba ilmu sepak bola dalam program SAD Uruguay ini bisa bermain sebagai penyerang tengah, sayap kanan, dan sayap kiri.

Pelatih kepala Malut United, Imran Nahumarury, punya alasan untuk mendatangkan penyerang kelahiran Garut ini.

Keyakinan tim pelatih dalam merekrut Yandi tak lepas dari pengalaman yang dimiliki adik mantan striker timnas, Zaenal Arif. Yandi tercatat pernah bermain di 4 benua, yakni Amerika Selatan, Eropa, Australia, dan Asia.

Penyerang kelahiran 25 Mei 1992 ini menimba ilmu sepak bola dan meraih pengalaman di Amerika Selatan bersama SAD Uruguay (2008-2011).

Lalu, Yandi mencicipi sepak bola di Benua Biru saat bermain untuk klub kasta kedua Liga Belgia, CS Vise (2011-2013). Yandi kemudian mendapatkan kesempatan menjajal atmosfer sepak bola Benua Australia kala berlatih bersama Brisbane U21 (2013-2014).

Baca juga: Malut United datangkan gelandang timnas Armenia

Baca juga: Malut United rekrut pemain asal Jepang Tatsuro Nagamatsu

Sementara di Benua Asia, Yandi meraih pengalaman di empat tim lokal, yakni Persib Bandung (2014-2017), Bali United (2017-2019), Persikota Tangerang (2021), dan Persikabo 1973 (2022-2024).

Yandi mencatatkan 11 gol dan 2 assist dalam dua musim perjalanan kariernya bersama klub terakhir, Persikabo 1973. Dia bermain reguler bagi skuad Laskar Padjajaran hingga akhir musim Liga 1 2023-2024.

“Manajemen melihat kebutuhan tim dan percaya pada pilihan pelatih untuk mendatangkan Yandi Sofyan sebagai tambahan kekuatan di barisan penyerangan,” ucap COO Malut United, Willem D. Nanlohy.

Kini, Yandi resmi melanjutkan karier bersama Malut United yang akan menjalani musim perdana di divisi teratas sepak bola Tanah Air.

“Saya siap berjuang bersama Malut United di Liga 1,” ujar Yandi usai resmi mengikat komitmen bersama Laskar Kie Raha

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *