Dua gol Joselu antarkan Real Madrid ke final Liga Champions 2023/24

Jakarta (ANTARA) – Dua gol Joselu sukses mengantar Real Madrid ke final Liga Champions 2023/24 setelah menang 2-1 atas Bayern Muenchen dalam laga leg kedua semifinal di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis dini hari WIB.

 

Los Blancos lolos ke final dengan agregat 4-3 setelah bermain imbang 2-2 di leg pertama pada pekan lalu.

 

Joselu menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid berkat dua golnya menjelang akhir pertandingan, sedangkan Bayern sempat unggul lebih dahulu melalui gol Alphonso Davies, demikian yang dikutip dari laman resmi UEFA.

 

Kedua tim tidak membuang-buang waktu dan saling melancarkan serangan sejak kick-off.

 

Real Madrid nyaris mencetak gol pada menit ke-13 lewat tendangan Vinicius Junior di kotak penalti yang masih membentur tiang gawang.

 

Bola rebound hasil tembakan Vinicius langsung disambar Rodrygo, tetapi kali ini kiper Manuel Neuer masih bisa melakukan penyelamatan brilian dan mencegah gawang dari kebobolan.

 

Pada menit ke-26, pemain sayap Bayern harus ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera. Thomas Tuchel memasukkan Alphonso Davies sebagai penggantinya.

 

Bayern balik mengancam pada menit ke-30. Tendangan voli keras Harry Kane dari luar kotak penalti bisa ditepis Andriy Lunin dan menghasilkan sepak pojok.

 

Real Madrid kembali bikin peluang memasuki menit ke-40. Vinicius melepaskan tendangan melengkung dari sisi kiri bisa, tetapi tangan Manuel Neuer masih bisa menjangkaunya dan menghasilkan sepak pojok.

 

Bayern lebih mendominasi penguasaan bola menjelang akhir babak pertama. Namun, tidak gol yang tercipta hingga turun minum. Skor 0-0 bertahan dengan agregat masih sama kuat 2-2.

 

 

Bayern membuka babak kedua dengan peluang pada menit ke-47, akselerasi Davies dari sisi kiri di akhiri dengan tendangan yang masih melenceng setelah diblok pemain Madrid.

 

Tim tuan rumah balas menyerang pada menit ke-52 melalui aksi solo Vinicius di sisi kiri. Dia masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan yang masih bisa disapu bek Bayern.

 

Semenit kemudian, Harry Kane menggiring bola dan melepaskan tembakan di sisi kanan kotak penalti. Sayangnya Lunin bisa menepis bola.

 

Rodrygo nyaris membuat Madrid unggul pada menit ke-55 andai saja sentuhannya setelah menerima umpan tarik Vinicius tidak melenceng tipis dari gawang Neuer.

 

Pada menit me-59, Neuer melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan tendangan bebas Rodrygo.

 

Kiper asal Jerman tersebut tampil brilian setelah kembali melakukan penyelamatan. Kali ini dia menepis tendangan Vinicius dari luar kotak penalti sebelum mengenai tiang dan keluar lapangan pada menit ke-60.

 

Bayern akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit-67. Bermula dari serangan balik, Harry Kane memberikan umpan lambung ke Davies di sisi kiri.

 

Pemain asal Kanada itu menusuk ke tengah, mengecoh Antonio Rudiger sebelum melepaskan sepakan kaki kanan keras yang tidak bisa dihentikan penjaga gawang Andriy Lunin. Skor menjadi 1-0 (agg 3-2).

 

Madrid sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Bermula dari sepak pojok Luka Modric, bola ditendang Nacho masuk ke gawang. Namun, gol itu dianulir wasit setelah melihat VAR.

 

Dalam tayangan VAR, Nacho terlihat mendorong leher Joshua Kimmich saat proses terjadi. Skor kembali 1-0 untuk keunggulan Bayern.

 

Harry Kane mendapatkan kans mencetak gol pada menit ke-76, sebuah serangan balik cepat diakhiri dengan tendangan penyerang Inggris itu di kotak penalti. Upayanya belum membuahkan gol karena masih mengenai sisi gawang.

 

Bayern kembali mengancam gawang Madrid, kali ini sundulan Kim Min-Jae mengenai tiang pada menit ke-84.

 

Real akhirnya bisa menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Tendangan Vinicius dari luar kotak penalti bisa dihentikan Neuer, tetapi bola lepas dari tangannya sebelum disambar pemain pengganti Joselu menjadi gol. Madrid 1-1 Bayern (agg 3-3).

 

El Real berhasil membalikkan keadaan di masa injury time atau menit ke 90+3. Joselu mencetak gol keduanya setelah mendapatkan umpan tarik dari Rudiger.

 

Wasit garis sempat menganggap gol tersebut offside sebelum wasit utama mengesahkannya dengan bantuan VAR.

 

Masa injury time selama sembilan menit tidak berhasil membuat Bayern Muenchen mencetak gol penyeimbang. Real Madrid berhak melaju ke final Liga Champions 2023/24.

 

Real Madrid akan menghadapi Borussia Dortmund di partai puncak yang digelar di Stadion Wembley pada 2 Juni 2024.

 

 

Susunan Pemain:

 

Real Madrid (4-4-2): Andriy Lunin; Dani Carvajal, Antonio Ruediger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde (Joselu 81′), Aurelien Tchouameni (Eduardo Camavinga70′), Toni Kroos (Luka Modric 69′); Jude Bellingham (Eder Militao 90+10′); Rodrygo (Brahim Diaz 81′), Vinicius Junior.

 

 

 

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Eric Dier, Joshua Kimmich; Alexander Pavlovic, Konrad Laimer; Serge Gnabry (Alphonso Davies 26′), Jamal Musiala (Thomas Muller 84′), Leroy Sane; Harry Kane (Choupo Moting 85′).

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *