Verstappen bangga bisa samai rekor pole Ayrton Senna

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Red Bull Max Verstappen mengaku bangga dapat menyamai jumlah rekor pole legenda Formula 1 Ayrton Senna, yang mengklaim delapan posisi terdepan berturut-turut setelah finis terdepan pada kualifikasi Grand Prix Emilia-Romagna di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari Imola, Italia.

“Ini adalah awal tahun yang baik bagi saya dan juga sangat istimewa karena sudah 30 tahun sejak dia (Senna) meninggal dunia di trek ini,” kata Verstappen, dikutip dari AFP, Minggu, merujuk pada kematian tragis Senna di Imola, tiga dekade lalu.

“Jadi, tentu saja, saya sangat senang bisa meraih pole di sini dan ini merupakan kenangan indah,” ujarnya menambahkan.

Mengenai keyakinannya untuk kembali kompetitif pada balapan utama GP Emilia-Romagna, Vertappen mengakui bahwa rangkaian grand prix di Imola berlangsung cukup menantang, tetapi ia tetap optimistis bisa meraih kemenangan lagi.

Baca juga: Verstappen bangkit dari tekanan dan rebut pole GP Emilia-Romagna

“Itu adalah lap yang sangat sulit. Jalannya akhir pekan sejauh ini dan bahkan di kualifikasi sangat sulit. Saya sangat senang bisa berada di posisi terdepan di sini,” ungkap Verstappen.

“Saya tidak menduganya, tapi kami melakukan beberapa perubahan set-up terakhir sebelum kualifikasi. Tampaknya berhasil, membuatnya terasa sedikit lebih baik dan saya bisa berusaha lebih keras,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, dengan 30 tahun setelah kematian juara tiga kali asal Brasil, Senna, pada Grand Prix San Marino 1994, Verstappen sangat menyadari pentingnya pencapaian yang diperoleh dengan susah payah.

Baca juga: Statistik GP Emilia-Romagna di Imola

“Dia adalah pembalap Formula 1 yang luar biasa terutama di putaran kualifikasi, jadi ini hari yang menyenangkan bagi saya dan hari yang menyenangkan bagi tim. Saya sangat, sangat bahagia,” kata Verstappen.

“Trek ini luar biasa untuk sebuah lap kualifikasi … Adrenalinnya sangat, sangat tinggi,” imbuhnya.

Di sisi lain, ini merupakan pole ke-39 dalam karier Verstappen dan yang kedua di Imola.

Rekor pole Verstappen dimulai sejak Grand Prix Abu Dhabi yang mengakhiri musim tahun lalu dan dia akan memiliki kesempatan untuk membuat rekor baru di Grand Prix Monaco akhir pekan depan.

“Ini adalah pole yang sangat istimewa bagi saya,” kata dia.

Sementara itu, balapan utama GP Emilia-Romagna akan bergulir pada Minggu (19/5) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Max Verstappen sebut balapan F1 di Miami “agak rumit”

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *