Bali United nantikan penggunaan VAR bantu wasit adil 

Denpasar (ANTARA) – Bali United menantikan penggunaan video perbantuan untuk wasit (Video Assistant Referee/VAR) yang rencananya diterapkan pada babak pamungkas Championships Series guna membantu wasit adil memberikan keputusan.

“Kami berpikir positif karena sepak bola kita juga butuh untuk bisa lebih fair membantu wasit,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra di Denpasar, Jumat.

Pelatih asal Brasil itu mengharapkan kehadiran VAR dapat mendorong kompetisi liga di tanah air berjalan lebih bagus, sekaligus terobosan baru di lapangan.

VAR akan membantu wasit mengambil keputusan yang tepat yaitu terkait gol, kartu merah, penalti dan kesalahan yang terjadi di lapangan.

“VAR bisa membantu wasit agar lebih adil buat tim yang bertanding di lapangan untuk Liga di Indonesia bisa lebih bagus,” imbuh pelatih yang biasa disapa Coach Teco itu.

Baca juga: Bojan sambut baik penggunaan VAR pada babak Championship Series

Untuk sosialisasi VAR, operator kompetisi yakni Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan pemahaman terkait teknologi itu kepada tim dengan julukan Serdadu Tridatu.

Mereka di antaranya Manager Media dan Komunikasi LIB Hanif Marjuni, Manager Public Relations Sabina Katya dan Asisten Instruktur VAR, Fachrizal Kahar pada Kamis (2/5).

Bali United menjadi tim kedua yang memperoleh sosialisasi dari operator kompetisi setelah Persib Bandung.

Berikutnya Borneo FC Samarinda dan terakhir adalah Madura United FC.

Penerapan VAR rencananya berlangsung pada fase kedua babak Championship Series Liga 1 2023/24 yang akan dilaksanakan pada pekan kedua Mei 2024.

Ada pun babak Championship Series mempertemukan empat tim teratas di klasemen kompetisi kasta teratas sepak bola tanah air yang telah menuntaskan fase reguler 34 pertandingan.

Borneo FC Samarinda menjadi pemuncak klasemen dengan 70 poin, disusul Persib Bandung dengan 62 poin, kemudian Bali United FC dengan 58 poin dan Madura United FC dengan 55 poin.

Babak semifinal dan final akan berlangsung dengan laga kandang dan tandang yakni peringkat pertama bertemu peringkat keempat dan posisi kedua bersua dengan posisi ketiga.

Dengan skema itu, Borneo FC Samarinda akan bertemu dengan Madura United FC dan Bali United FC akan berduel dengan Persib Bandung.

Keempat tim akan berjuang memperebutkan tiket babak final Championship Series musim 2023/2024.

Baca juga: FIFA: VAR sudah bisa digunakan dalam Championship Series Liga 1

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *