Verstappen kunci kemenangan GP China untuk kali pertama

Rasanya luar biasa, sepanjang akhir pekan kami luar biasa cepat

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Red Bull Max Verstappen mengunci kemenangan Grand Prix China untuk pertama kalinya di Sirkuit Internasional Shanghai, China, Minggu.

Verstappen menjadi yang tercepat, di depan pembalap muda Lando Norris (McLaren) dan rekan satu timnya di Red Bull, Sergio Perez, dengan margin waktu yang cukup jauh, yakni masing-masing 13,773 detik dan 19,160 detik.

“Rasanya luar biasa, sepanjang akhir pekan kami luar biasa cepat,” kata Verstappen, dikutip dari AFP.

Baca juga: Verstappen merasa optimistis bisa raih kemenangan GP China

Tak hanya merupakan kemenangan pertamanya di Shanghai, P1 yang ia raih hari ini juga menjadi catatan kemenangan keempat Verstappen pada Formula 1 musim ini.

Sementara bagi Norris, ini merupakan podium ke-15 sepanjang kariernya di ajang balap mobil kelas premier.

Berada di lima besar adalah duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz, yan masing-masing terlampau 23,623 detik dan 33,983 detik dari sang pemimpin balapan.

Jalannya balapan dengan total 56 lap ini berlangsung penuh drama, dengan adanya beberapa tabrakan dan kecelakaan yang menimpa sejumlah pembalap yang beraksi.

Verstappen yang memulai dari posisi terdepan mampu mempertahankan tempatnya sejak awal, meskipun di belakangnya ada Fernando Alonso (Aston Martin) yang mengintai dengan dekat.

 

Baca juga: Verstappen rebut pole GP China setelah klaim kemenangan Sprint

Alonso dan Verstappen merupakan dua dari lima pembalap terkuat di awal lap, bersama dengan Perez, Norris, dan Oscar Piastri (McLaren). Kelima pembalap ini terlibat aksi kejar-kejaran yang cukup seru, sampai akhirnya Alonso harus disalip oleh Perez dan Norris, yang pada akhirnya berdiri di podium.
 

Pada pertengahan balapan, Valtteri Bottas (Kick Sauber) dilaporkan memiliki masalah pada mobilnya.

Tak lama, Kevin Magnussen (Haas), Yuki Tsunoda (RB), Daniel Ricciardo (RB) dan Lance Stroll (Aston Martin) terlibat kontak. Stroll dan Ricciardo mengalami tabrakan yang cukup menyita perhatian dan balapan sempat dihentikan sementara.

Baca juga: Stroll tercepat pada sesi latihan satu-satunya di GP China

Saat balapan kembali dilanjutkan, para pembalap di barisan depan pun masih mencoba mengamankan posisi podium. Alonso yang sempat tertinggal cukup jauh dari posisi sebelumnya, kembali bangkit dan menyalip Lewis Hamilton (Mercedes) dan Piastri. Namun, ia tak mampu melewati George Russell (Mercedes) yang pada akhirnya finis di P6.

Berikut adalah hasil akhir GP China.

  1. Max Verstappen (Red Bull)
  2. Lando Norris (McLaren)
  3. Sergio Perez (Red Bull)
  4. Charles Leclerc (Ferrari)
  5. Carlos Sainz (Ferrari)
  6. George Russell (Mercedes)
  7. Fernando Alonso (Aston Martin)
  8. Oscar Piastri (McLaren)
  9. Lewis Hamilton (Mercedes)
  10. Nico Hulkenberg (Haas)

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *