Norris tak menyangka bisa jadi pesaing terdekat Red Bull di GP China

Jakarta (ANTARA) – Pembalap McLaren Lando Norris mengaku tidak menyangka bisa menjadi pesaing terdekat dua pembalap Red Bull Max Verstappen dan Sergio Perez pada balapan utama Grand Prix China di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (21/4).

Norris memulai balapan dengan total 56 lap itu dari P4, dan finis di urutan kedua, tepat di belakang sang juara bertahan Verstappen, dengan margin waktu 13,773 detik.

“Saya merasa terkejut, dan sangat senang. Saya bahagia untuk tim saya, mereka pantas mendapatkan hasil ini,” ungkap Norris, dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin.

“Saya benar-benar tidak mengira balapan ini akan menjadi seperti apa yang kita jalani seperti ini. Namun, saya merasa nyaman, pengaturan ban juga baik, dan balapan utama menjadi tugas yang lebih mudah untuk kami selesaikan daripada saat balapan Sprint (di hari Sabtu),” ujarnya.

Baca juga: McLaren ingin pertahankan performa solid pada race GP China

Norris memulai balapan utama di belakang duo Red Bull dan pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin). Meski sebelumnya ia merasa tidak yakin dengan performanya, pembalap asal Inggris itu mencoba untuk tampil lepas dan memberikan perlawanan kepada para pembalap yang jauh lebih senior darinya tersebut.

“Saya hanya bisa mendorong (kecepatan). Mobilnya terasa luar biasa dan saya merasa nyaman, jadi ini adalah hasil yang baik, poin bagus, dan podium lainnya (setelah finis ketiga di Australia). Saya sangat senang,” ujar Norris.

Norris mengungkapkan rasa terkejut terbesarnya di balapan utama bukan hanya bisa menjadi pesaing terdekat Red Bull, tapi juga karena ia mampu mempertahankan posisi depan dari duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz, yang finis di lima besar.

“Banyak hal yang mengejutkan saya, salah satunya adalah kurangnya kecepatan Ferrari di balapan uama,” kata Norris.

“(Bagaimana pun) Saya tidak menyangka dengan hasil ini. Ini (podium) adalah kejutan yang menyenangkan, dan menunjukkan bahwa tim telah melakukan pekerjaan dengan baik. Kami bekerja keras dan membuahkan hasil,” ujarnya.

Sementara itu, putaran selanjutnya musim ini, yakni Grand Prix Miami, akan digelar pada 3-5 Mei 2024 di Miami International Autodrome, Florida, Amerika Serikat.

Baca juga: Verstappen kunci kemenangan GP China untuk kali pertama

Baca juga: Verstappen klaim kemenangan Sprint pertama musim ini di GP China

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *