Verstappen rebut pole GP China setelah klaim kemenangan Sprint

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Red Bull Max Verstappen kembali menunjukkan dominasinya setelah merebut posisi pole untuk balapan utama Grand Prix China pada sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu.

Sang juara bertahan itu mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit 33,660 detik. Posisi terdepan ini diraih Verstappen setelah sebelumnya memenangkan balapan Sprint pertama Formula 1 musim ini dengan margin waktu lebih cepat 13 detik dari juara GP China 2019 Lewis Hamilton (Mercedes).

Tak hanya itu, hasil ini sekaligus menandai pole yang Verstappen raih untuk kelima kalinya secara berturut-turut pada Formula 1 musim 2024, setelah sebelumnya menjadi polesitter di Grand Prix Bahrain, Grand Prix Arab Saudi, Grand Prix Australia, dan Grand Prix Jepang.

Selain itu, ini juga merupakan posisi pole ke-37 sepanjang karier balap sang juara dunia tiga kali di Formula 1, serta pole ke-100 bagi tim balap Red Bull di sepanjang partisipasinya pada ajang balap kelas utama ini.

Adapun Verstappen menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP China kali ini di depan rekan satu timnya Sergio Perez dengan selisih waktu 0,322 detik saja. Sementara pada posisi ketiga ada pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin) yang terpaut 0,488 detik dari sang pemimpin balapan.

Posisi keempat diisi oleh polesitter Sprint GP China 2024 yakni Lando Norris, diikuti oleh sesama pembalap McLaren Oscar Piastri di posisi lima.

Baca juga: Verstappen klaim kemenangan Sprint pertama musim ini di GP China

Melengkapi daftar 10 besar adalah duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang sempat mengalami masalah teknis pada Q2. Mengikuti di belakang mereka adalah George Russell (Mercedes), Nico Hulkenberg (Haas), dan Valtteri Bottas (Kick Sauber).

Juara GP China edisi lalu Hamilton yang sebelumnya mengisi podium Sprint, pada edisi kali ini harus tereliminasi di Q1 bersama dengan pahlawan lokal Zhou Guanyu (Kick Sauber) yang tampil cukup baik di sesi balapan pendek.

Hamilton harus puas memulai balapan utama esok hari dari posisi ke-18, sementara sang pembalap China berada di posisi yang lebih baik di posisi ke-16.

Sementara itu, balapan utama GP China sendiri bakal digelar pada Minggu (21/4) pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Zhou Guanyu optimistis bisa cetak poin pada Sprint GP China

Baca juga: Alonso isyaratkan pensiun setelah akhiri kontrak dengan Aston Martin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *