Bagaimana Komposisi Perwakilan Tim India di Olimpiade Paris 2024?

Ligaolahraga.com –

Berita Badminton : Tim India diatur untuk memiliki perwakilan dalam setidaknya tiga dari lima kategori cabang bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Sementara jendela kualifikasi berakhir pada 28 April dan daftar resmi pemain yang telah memesan tempat mereka untuk Sumer Games di ibu kota Prancis akan dirilis setelah itu, India secara matematis telah mengamankan kuota di tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra.

Bagaimana sistem kualifikasi bekerja?

Di cabang bulu tangkis, kualifikasi Olimpiade Paris akan ditentukan melalui daftar peringkat berdasarkan 10 hasil terbaik setiap pemain/pasangan antara 1 Mei 2023 hingga 30 April 2024.

Kedua nomor tunggal tersebut terdiri dari 38 pemain. Ini mencakup 16 kuota untuk 16 Besar dalam Daftar Peringkat Paris dengan maksimal dua kuota yang diperbolehkan per negara.

Pemain tunggal negara tuan rumah dengan peringkat tertinggi, jika tidak lolos secara otomatis, akan diberikan kuota. Dua kuota tersedia berdasarkan Tempat Universalitas (Diputuskan oleh Komisi Tripartit).

Daftar tersebut juga harus memenuhi kriteria untuk menyertakan dua atlet dari masing-masing lima Konfederasi Kontinental BWF (Tempat Perwakilan Kontinental) dengan syarat pemain tersebut berada di peringkat 250 atau lebih (peringkat antara 1-250) dalam Daftar Peringkat Paris.

Ketiga nomor ganda (putra, putri, dan campuran) masing-masing memiliki 16 kuota. Ini terdiri dari 8 Besar dalam Daftar Peringkat Paris dengan maksimal dua pasangan diperbolehkan per negara diikuti oleh delapan duo terbaik berikutnya (batas satu per negara).

Setiap nomor ganda akan diikuti setidaknya satu pasangan dari masing-masing lima Konfederasi Kontinental BWF.

Bagaimana penempatan pemain India

Dengan hanya tersisa kejuaraan kontinental sebelum siklus kualifikasi berakhir, para pemain India berikut secara matematis telah memenangkan kuota untuk Olimpiade Paris

Tunggal Putra – HS Prannoy (saat ini kesembilan di Peringkat Paris)

Tunggal Putra – Lakshya Sen (peringkat ke-12 Paris)

Tunggal Putri – PV Sindhu (peringkat ke-13 di Peringkat Paris tetapi ke-11 berdasarkan kriteria maksimal dua pemain per negara di 16 Besar)

Ganda Putra – Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (kedua di Peringkat Paris)

Belum ada pasangan India yang bersaing memperebutkan kuota di ganda campuran.

Di ganda putri, pasangan Tanisha Crasto- Ashwini Ponnappa dan Treesa Jolly- Gayatri Gopichand dari India saat ini masing-masing berada di peringkat 20 dan 27 di Peringkat Paris, namun pasangan Tanisha Crasto- Ashwini Ponnappa dan Treesa Jolly- Gayatri Gopichand masing-masing berada di peringkat 12 berdasarkan kriteria maksimal satu duo yang diperbolehkan per negara di luar 8 Besar dan bisa ambil kuota.

Artikel Tag: India, HS Prannoy, PV Sindhu, Olimpiade Paris 2024, Lakshya Sen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bagaimana-komposisi-perwakilan-tim-india-di-olimpiade-paris-2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *