Pratinjau Piala FA: Duel adu gengsi MU vs Liverpool

Jakarta (ANTARA) – Pada babak perempat final Piala FA musim ini tersaji pertandingan besar yang lekat akan gengsi yang mempertemukan Manchester United kontra Liverpool di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu malam.

Pertemuan MU lawan Liverpool tentu selalu berjalan panas dan menarik, terlebih karena sejarah panjang yang tertulis di antara kedua tim.

Meski dalam beberapa tahun terakhir Merseyside merah lebih dominan, Manchester merah (MU) tentu tak akan berserah diri begitu saja, mengingat pentingnya pertandingan ini bagi kedua suporter.

Pada beberapa kesempatan, MU sempat memberikan perlawanan sengit terhadap Liverpool, namun mereka kadang malah menjadi bulan-bulanan.

Khusus pada ajang Piala FA, sebenarnya MU unggul dalam raihan trofi maupun head to head hasil laga, tetapi The Reds menjadi ancaman serius beberapa musim ini.

 


MU unggul tipis dari Liverpool di Piala FA

 

MU tercatat unggul tipis dibanding Liverpool dalam lima pertemuan terakhir antara kedua tim pada ajang Piala FA dan bentrok paling anyar terjadi pada 24 Januari 2021.

Pada pertandingan babak keempat tersebut, skuad yang ditangani Ole Gunnar Solskjaer kala itu mampu menang dengan skor 3-2 berkat gol Mason Greenwood, Marcus Rashford, dan Bruno Fernandes, sementara Liverpool sempat membalas melalui Mohamed Salah (2).

 

Sementara itu, kemenangan The Reds atas MU pada ajang Piala FA terjadi pada 28 Januari 2012, yang kala itu pasukan Kenny Dalgish menang dengan skor 2-1. Ketika itu kemenangan Liverpool hadir berkat gol-gol yang dicetak Daniel Agger serta Dirk Kuyt, sedangkan MU sempat menyamakan kedudukan lewat Park Ji-sung.

Secara keseluruhan dari lima pertemuan terakhir kedua tim pada ajang Piala FA, MU tercatat menorehkan tiga kemenangan, sedangkan Liverpool mengamankan dua.

 

Jika pada lima pertemuan terakhir MU dengan Liverpool di segala ajang, tercatat The Reds unggul atas The Red Devils setelah mampu mengamankan tiga kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan.

 

Lima laga terakhir MU vs Liverpool pada ajang Piala di FA.

 

(24/01/21) Manchester United 3 – 2 Liverpool(28/01/12) Liverpool 2 – 1 Manchester United(09/01/11) Manchester United 1 – 0 Liverpool(18/02/06) Liverpool 0 – 1 Manchester United(24/01/99) Manchester United 2 – 1 Liverpool

 

Lma pertemuan terakhir MU vs Liverpool di berbagai ajang:

 

(17/12/23) Liverpool 0 – 0 Manchester United (Liga Inggris)

(5/3/23) Liverpool 7 – 0 Manchester United (Liga Inggris)

(22/08/22) Manchester United 2 – 1 Liverpool (Liga Inggris)

(19/04/22) Liverpool 4 – 0 Manchester United (Liga Inggris)

(24/10/21) Manchester United 0 – 5 Liverpool (Liga Inggris)

 

Mohamed Salah tersubur di Northwest Derby

Menjelang pertandingan ini, Liverpool memiliki senjata mematikan bagi MU yang ada dalam diri Mohamed Salah.

 

The Egyptian King tercatat menjadi pencetak gol terbanyak duel Derby Northwest dengan total 12 gol dari 13 penampilan di berbagai ajang.

 

Musim 2017/18, Salah kembali ke Inggris dari AS Roma untuk membela Liverpool dan mencatatkan debut pada ajang Northwest Derby pada 14 Oktober 2017 di ajang Liga Inggris, namun ia belum mampu menciptakan gol setelah laga berkesudahan dengan skor 0-0.

 

Salah baru mampu membobol gawang dari MU pada musim 2019/20, tepatnya pada tanggal 19 Januari 2020 dan membawa The Reds menang 2-0 atas The Red Devils di Anfield.

 

Setelah sukses membuka keran golnya kontra MU, Salah tercatat mampu membobol gawang MU sebanyak 11 kali dari delapan pertemuan.

Pada pertemuan terakhirnya menghadapi MU, 17 Desember 2023, Salah tercatat tak mampu membobol gawang MU yang dijaga oleh Andre Onana. Laga berkesudahan dengan skor 0-0.

 

Peluang The Reds saingi torehan trofi Piala FA MU

 

Meski baru memasuki babak perempat final, Liverpool tentu membidik kemungkinan untuk menjadi juara Piala FA musim ini.

 

Secara torehan gelar, Liverpool tercatat delapan kali sukses keluar sebagai juara, sementara MU mampu 12 kali menjadi kampiun.

 

Liverpool tentu ingin memangkas torehan gelar Piala FA mereka dengan MU, terlebih pada musim ini The Reds baru keluar sebagai juara Piala Liga Inggris.

Terakhir kali Liverpool keluar sebagai juara Piala FA adalah pada musim 2021/22 dengan mengalahkan Chelsea di partai final lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

 

Sementara itu, MU terakhir kali meraih gelar Piala FA terjadi musim 2015/16 setelah mengalahkan Crystal Palace 2-1 setelah melewati babak extratime.

Selain itu, saat ini kedua tim sama-sama mengoleksi 67 gelar di berbagai ajang dan siapa pun yang nanti mampu mengamankan gelar juara, tentu dapat menegaskan dominasinya.

 

Komentar masing-masing pelatih

Pelatih MU Erik ten Hag mengatakan ingin memenangi laga Piala FA melawan Liverpool sebagai pendorong semangat timnya untuk memburu kemenangan lainnya.

“Minggu besok kami punya peluang bagus lainnya untuk mendapatkan momentum. Tim akhir-akhir ini menunjukkan rangkaian pertandingan yang sangat bagus dengan banyak kemenangan,” kata Ten Hag.

“Mereka harus percaya bahwa mereka bisa melakukannya. Sekarang kami harus memanfaatkan momentum ini,” sambungnya.

Sementara itu pelatih Liverpool Jurgen Klopp menjelaskan timnya harus menghadapi MU dengan pemain banyak yang dibekap cedera.

Pelatih asal Jerman itu mengatakan bek Ibrahima Konate diragukan bisa tampil pada pertandingan nanti dan jika ia cedera, hal itu akan menambah daftar panjang penggawa The Reds yang dibekap cedera.

Tercatat sebelumnya pemain-pemain seperti Trent Alexander-Arnold, Alisson Becker, Curtis Jones, Diogo Jota, Stefan Bajcetic, Ben Doak, Joel Matip hingga Thiago Alcantara absen karena cedera.

“Ibou tidak berlatih hari ini. Kami harus melihat apakah dia bisa berlatih tetapi ini akan menjadi pertandingan yang ketat dan kami mungkin akan kalah, tapi kami tidak tahu,” jelas Klopp.

 

Prediksi susunan pemain

Manchester United diperkirakan akan menggunakan formasi 4-2-3-1 serta mengandalkan Andre Onana di posisi penjaga gawang serta empat bek Diogo Dalot, Raphael Varane, Harry Maguire, dan Victor Lindelof.

Dua gelandang tengah akan diisi oleh Casemiro dan Kobbie Maino, sedangkan gelandang serang ditempati Bruno Fernandes. Pemain sayap diisi oleh Marcus Rashford dan Alejandro Garnacho, sedangkan penyerang tengah diberikan kepada Rasmus Hojlund.

Sementara itu, Liverpool diperkirakan akan menggunakan formasi favorit mereka yaitu 4-3-3 dan posisi penjaga gawang diisi oleh Caoimhin Kelleher. Sementara itu bek tengah ditempati Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk, lalu bek sayap terdapat Conor Bradley serta Joe Gomez.

Pada posisi trio gelandang diisi oleh Wataru Endo, Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. Selanjutnya penyerang sayap ditempati Mohamed Salah dan Luis Diaz serta Darwin Nunez sebagai ujung tombak.

 

Berikut prediksi susunan 11 pertama MU vs Liverpool:

 

Manchester United (4-3-2-1): Onana; Dalot, Varane, Maguire, Lindelof; Casemiro, Mainoo; Rashford, Fernandes, Garnacho; Hojlund.

 

Liverpool (4-3-3): Kelleher; Bradley, Konate, Van Dijk, Gomez; Endo, Mac Allister, Szoboszlai; Salah, Nunez, Diaz.

​​​​​​​

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *