Pratinjau laga Persib vs Persija: Kedua tim bidik kemenangan

Jakarta (ANTARA) – Pada pekan ke-28 Liga 1 tersaji salah satu pertandingan besar yang menyedot perhatian publik sepak bola Indonesia yaitu laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta.

Pertemuan kedua musim ini antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu pukul 15.00 WIB.

Jelang duel panas ini, Persib Bandung dan Persija Jakarta berusaha melanjutkan tren positif mereka yang pada pertandingan sebelumnya mengamankan kemenangan.

Meskipun begitu, angin segar lebih mengarah pada Persib Bandung dibanding Persija Jakarta jika dilihat dari papan klasemen sementara Liga 1 Indonesia musim ini.

Persib Bandung tercatat kini nyaman menempati peringkat kedua dengan torehan 48 poin dari 27 laga, sementara Persija Jakarta menempati posisi 10 dengan 35 poin.

Meskipun begitu, pada pertandingan antara kedua tim ini selalu berjalan menarik dan seru sehingga peringkat pada klasemen sementara tidak bisa menjadi patokan semata.

Berusaha lanjutkan tren kemenangan

Kedua tim pada beberapa pertandingan sebelumnya sempat kesulitan mendapatkan poin penuh hingga pada akhirnya Persib dapat memutus tren tersebut pada pekan ke-26, sedangkan Persija pada pekan ke-27.

Persib pada pekan ke-26 mampu menghancurkan PSIS Semarang dengan skor 3-0 dan seminggu setelahnya mengalahkan Rans Nusantara FC 4-0.

Sementara itu, Persija dapat mengalahkan Dewa United dengan skor 4-1 pekan lalu setelah sebelumnya menelan tiga kekalahan beruntun.

 


Berikut lima pertandingan terakhir dari kedua tim

 

 

 

Persib Bandung

 

(3/3/24) Rans Nusantara FC 0 – 4 Persib Bandung

(27/2/24) Persib Bandung 3 – 0 PSIS Semarang

(23/2/24) Barito Putera 1 – 1 Persib Bandung

(4/2/24) Persib Bandung 2 – 2 Persis Solo

(18/12/23) Bali United 0 – 0 Persib Bandung

 

Persija 

 

(2/3/24) Persija Jakarta 4 – 1 Dewa United​​​​​​(26/2/24) Arema FC 3 – 2 Persija Jakarta

(22/2/24) Persija Jakarta 0 – 1 Madura United(6/2/24) Borneo FC 3 – 1 Persija Jakarta

(16/2/24) Persija Jakarta 1 – 0 PSS Sleman

 

 

Saling mengalahkan 

 

Selama era Liga 1, kedua tim tercatat telah bertemu sebanyak 11 kali dan hanya ada tiga pertandingan yang berakhir imbang, hal ini menunjukkan baik Persija Jakarta maupun Persib Bandung memandang penting pertandingan ini.

Hasil imbang pertama yang terjadi adalah pada Liga 1 musim 2017 di mana Persija Jakarta menahan imbang Persib Bandung dengan skor 1-1 ketika bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Selanjutnya hasil imbang kedua terjadi pada musim 2019 ketika Persib Bandung menahan imbang Persija Jakarta 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno.

Sementara pertandingan imbang ketiga terjadi pada paruh musim lalu ketika Persija Jakarta ditahan imbang 1-1 oleh Persib Bandung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Sisanya, kedua tim saling mengalahkan, namun sejauh ini belum tercatat ada tim yang mampu mencuri kemenangan di kandang lawannya.

 

Berikut 11 pertemuan terakhir Persib Bandung vs Persija Jakarta pada era Liga 1:

 

2017

 

(22/7/2017) Persib Bandung 1 – 1 Persija Jakarta

(3/11/2017) Persija Jakarta 1 – 0 Persib Bandung

 

2018

 

(30/6/2018) Persija Jakarta 1 – 0 Persib Bandung

(23/09/2018) Persib Bandung 3 – 2 Persija Jakarta

 

2019

(10/07/2019) Persija Jakarta 1 – 1 Persib Bandung

(20/10/2019) Persib Bandung 2 – 0 Persija Jakarta

 

2021/22*

 

(20/11/2021) Persib Bandung 0 – 1 Persija Jakarta

(01/03/22) Persija Jakarta 0 – 2 Persib Bandung

 

2022/23

 

(11/01/2023) Persib Bandung 1 – 0 Persija Jakarta

(31/03/2023) Persija Jakarta 2 – 0 Persib Bandung

 

2023/24

(2/9/24) Persija Jakarta 1 – 1 Persib Bandung

 

*kompetisi dilakukan dengan sistem bubble imbas pandemi COVID-19

 

Komentar masing-masing pelatih

Pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat (8/3) pelatih Persib Bandung Bojan Hodak memastikan timnya siap tempur dan telah memiliki motivasi lebih untuk menyambut pertandingan ini.

 

“Saya sudah memberi motivasi dan untuk laga besok saya tidak terlalu banyak memberikannya, karena pemain sudah termotivasi untuk tampil baik,” terang Bojan.

 

“Pertandingan yang top gemanya sampai ke Asia karena dua tim klasik Indonesia akan bertanding. Mudah-mudahan besok menjadi laga yang menarik dan hasil yang maksimal buat Persib,” pungkasnya.

 

Sementara itu pelatih Persija Jakarta Thomas Doll tidak memandang bermain tanpa penonton adalah keuntungan bagi timnya.

 

Pelatih asal Jerman itu menilai sebuah pertandingan sebesar ini selayaknya dapat dihadiri oleh penonton karena hal tersebut baik untuk kedua tim.

“Pada pertandingan besok seharusnya atmosfer berjalan bagus, namun karena tidak ada suporter hal itu kurang bagus. Hal itu tidak bagus untuk kedua tim karena sebuah pertandingan membutuhkan emosi,” tegas Doll.

 

“Saya tidak tahu ini keuntungan atau bukan. Tapi memang semua pemain suka akan adanya suporter. Memang itulah sepak bola, jika stadion kosong hanya seperti latihan biasa,” sambungnya.

 

Kekuatan penuh dipersiapkan kedua tim

 

Baik Persib Bandung maupun Persija Jakarta, diperkirakan akan mempersiapkan kekuatan penuh mereka pada pertandingan nanti dalam rangka memburu tiga poin.

 

Meski tidak mendapatkan dukungan langsung dari Bobotoh, Persib Bandung diperkirakan dapat menurunkan kekuatan terbaik mereka karena para pemain andalan dalam kondisi siap tempur.

 

Skuad asuhan Bojan Hodak diperkirakan akan kembali diperkuat oleh penyerang haus gol David Da Silva yang didampingi dua pemain sayap cepat Ciro Alves serta Ryan Kurnia.

 

Pada lini tengah Stefano Beltrame akan menjadi gelandang serang yang di belakangnya akan ditempati Marc Klok serta Dedi Kusnandar.

 

Barisan pertahanan akan kembali ditempati oleh kuartet Rezaldi Hehanusa, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez dan Henhen Herdiana, sementara penjaga gawang diisi Kevin Ray Mendoza.

 

Di sisi lain, Persija Jakarta tak dapat diperkuat penyerang Gustavo Almeida, namun akan kembali mengharapkan ketajaman penyerang gaek Marko Simic yang pada pertandingan sebelumnya mencetak dua gol.

 

Sektor sayap akan kembali diisi oleh Ryo Matsumura serta Reyhan Hannan, sedangkan dua gelandang central ditempati Maciej Gajos dan Syahrian Abimanyu.

 

Pada posisi bek sayap akan ditempati oleh Oliver Bias dan Rio Fahmi, sedangkan bek tengah diisi trio Rizky Ridho, Firza Andika dan Hanif Sjahbandi. Posisi penjaga gawang tentu ditempati Andritany Ardhiyasa.

 

Berikut prediksi susunan pemain kedua tim

 

Persib Bandung (4-3-3): Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanusa; Dedi Kusnandar, Marc Klok, Stefano Beltrame; Ciro Alves, David Da Silva, Ryan Kurnia.

 

Pelatih: Bojan Hodak

 

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Firza Andika, Hanif Sjahbandi, Rizky Ridho; Oliver Bias, Syahrian Abimanyu, Maciej Gajos, Rio Fahmi; Ryo Matsumura, Marko Simic, Reyhan Hannan.

 

Pelatih: Thomas Doll
​​​​​​​

 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *