Sebanyak enam peserta lolos tes seleksi kursus penilai wasit PSSI

Jakarta (ANTARA) – Terdapat enam orang peserta, yang terdiri dari empat wasit dan dua asisten wasit, lolos tes seleksi dan kursus untuk menjadi penilai wasit PSSI, dalam proses yang telah berlangsung sejak Jumat.

Keenam orang itu disaring dari total 20 peserta yang sejak kemarin mengikuti kegiatan ini. Tes dan kursus ini dipimpin oleh instruktur wasit FIFA Mohamad Rodzali, yang diundang secara khusus oleh PSSI untuk memberikan materi.

Selain Rodzali, turut dihadirkan pula tiga mantan wasit nasional, yakni Jimmy Napitupulu, Purwanto, dan Agus Haryono.

Tes penerimaan calon penilai wasit ini terdiri dari dari dua tes, yakni teknologi informasi dan tes law of the game.

“Alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu lagi langsung dari Instruktur Wasit FIFA. Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi saya pribadi, untuk langkah karir saya berikutnya. Semoga saya bisa menyerap banyak ilmunya dan mempergunakannya kelak nanti apabila tidak lagi bertugas sebagai wasit, melainkan tugas baru sebagai penilai wasit,” kata salah seorang peserta Oky Dwi Putra, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: PSSI targetkan seleksi penilai wasit menyentuh standar Liga Inggris

Keenam orang ini akan terus mengikuti kegiatan sampai 17 Februari 2024. Mereka selanjutnya akan bergabung dengan wasit dan asisten wasit lainnya pada 22-25 Februari 2024.

Selain itu pada 26-29 Februari 2024 terdapat kegiatan akhir serupa juga untuk implementasi sistem pada kegiatan ini. Kegiatan itu dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 22 sampai 25 Februari, dan gelombang kedua pada 26 sampai 29 Februari. Pembagian menjadi dua gelombang disebabkan jumlah total peserta melebihi 30 orang.

Terdapat salah satu keistimewaan pada acara ini, salah satunya adalah PSSI akan menggunakan sistem teknologi informasi yang juga digunakan di Liga Inggris.

Wasit dan Asisten Wasit yang Lulus Seleksi dan Kursus Penilai Wasit PSSI:

1. Muhammad Khisfan (Wasit) – Bengkulu

2. Fariq Hitaba (Wasit) – D.I Yogyakarta

3. Maslah Ihsan (Asisten Wasit) – Sumatera Utara

4. Juhandri Setiana (Wasit) – DKI Jakarta

5. Oky Dwi Putra Senjaya (Wasit) – Jawa Barat

6. Aries Papuling (Asisten Wasit) – Maluku Utara

Baca juga: PSSI: Kolaborasi dengan wasit Jepang bertujuan tingkatkan kompetisi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *