Vinales & Espargaro nantikan uji coba pramusim dengan RS-GP24 di Qatar

Jakarta (ANTARA) – Dua pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, menantikan uji coba pramusim ketiga MotoGP 2024 di Qatar bersama dengan motor Aprilia RS-GP24, yang sudah mereka jajal saat berada di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan lalu.

“RS-GP baru sangat potensial. Tim Aprilia benar-benar telah bekerja keras selama musim dingin,” kata Vinales, dikutip dari keterangan resmi Piaggio Indonesia, Kamis.

“Saya puas dengan hasil uji coba pertama. Jika kita membandingkan dengan peningkatan di tahun lalu, saya rasa tidak ada yang berkembang sepesat kami,” ujar Espargaro menambahkan.

Adapun Aprilia Racing menghadirkan inovasi aerodinamika baru pada motor RS-GP24. Hasil uji coba pertama menunjukkan bahwa motor Aprilia menunjukkan kinerja yang memuaskan dan memiliki potensi yang tinggi, meskipun karakteristiknya perlu disesuaikan dengan gaya balap setiap pembalap.

Lebih lanjut, Vinales mengatakan dirinya merasa optimistis dengan tunggangan barunya yang kini didominasi oleh warna hitam tersebut.

“Ini soal berkendara dengan pengaturan baru, keseimbangan yang berbeda, untuk mengoptimalkan keunggulan desain baru seperti yang kita lakukan pada tahun 2023,” kata Vinales.

Baca juga: Strategi Vinales buahkan hasil positif pada MotoGP Indonesia

Baca juga: Bagnaia kembali ke puncak setelah menangi MotoGP Indonesia

“Kami masih akan melakukan uji coba di Qatar untuk mempersiapkan diri menjalani balapan pertama, tapi saat ini, menurut saya, kami sudah melalui proses ini setengah jalan,” ujarnya menambahkan.

Sependapat, rekan satu timnya, Espargaro mengatakan, karakter RS-GP terbaru membuatnya bisa melintas lebih cepat di tikungan, yang cocok dengan gaya berkendaranya.

“RS-GP baru juga terasa lebih stabil, meskipun lebih menantang dan masih perlu banyak peningkatan,” kata Espargaro.

Ia menilai, uji coba pramusim di Sepang dan Qatar akan menjadi momen dimana ia dan tim akan mempelajari motor ini lebih lanjut sehingga seluruh potensinya bisa keluar dengan maksimal saat MotoGP musim 2024 dimulai.

“Kami telah melihat pembalap dan motor yang sangat cepat, dengan performa putaran serta kecepatan yang luar biasa. Saat ini, kami sudah berada di level yang bagus, tapi rasanya masih belum cukup,” ujar Espargaro.

Kini, MotoGP akan bergerak menuju ke Sirkuit Lusail, Qatar, untuk uji coba terakhir yang dijadwalkan pada 19 dan 20 Februari, sebelum musim baru resmi dimulai di trek yang sama pada 8-10 Maret.

Baca juga: Duet pembalap Aprilia kuasai sesi latihan MotoGP Mandalika

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *