Kejuaraan Beregu Asia 2024 Tetap Kompetitif Meski Beberapa Bintang Absen

Ligaolahraga.com –

Berita Badminton : Beberapa bintang papan atas tidak akan memeriahkan Kejuaraan Beregu Asia yang berlangsung hari ini di Setia Alam Convention Center namun pertandingan tersebut masih akan diperebutkan dengan sengit.

Pada kompetisi beregu putra, China difavoritkan untuk merebut gelar namun akan menghadapi tantangan berat dari Indonesia dan India.

Secara mengejutkan, China tidak pernah memenangkan gelar beregu putra sejak dimulainya turnamen tersebut pada tahun 2016.

Kali ini, tim bisa mengakhiri penantian mereka meski memilih untuk meninggalkan dua pemain tunggal teratas mereka (Shi Yuqi, Li Shifeng) dan ganda (Liang Weikeng-Wang Chang, Liu Yuchen-Ou Xuanyi).

Kekuatan kedalaman China sedemikian rupa sehingga tim masih terlihat lebih dari mampu menghadapi tantangan yang kuat dengan pemain peringkat 16 dunia Weng Hongyang, peringkat 17 dunia Lu Guangzu (tunggal) dan ganda He Jiting/Ren Xiangyu (No. 17). 14) dan Chen Boyang-Liu Yi (No. 27).

Sementara itu, Indonesia akan berusaha mempertahankan rekor hebatnya di turnamen tersebut. Tim ini telah mencapai final di semua edisi, merebut gelar pada tahun 2016, 2018 dan 2020 dan menjadi runner-up di bawah Malaysia pada tahun 2022.

India telah memilih susunan pemain terkuat mereka yang dipimpin oleh peringkat 1 dunia dan peraih medali emas Asian Games Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty dan akan tampil untuk memberi tanda menjelang mempertahankan gelar Piala Thomas mereka.

India dan China akan saling berhadapan lebih awal karena keduanya tergabung di Grup A bersama dengan Hong Kong yang tampaknya menjadi grup terberat di atas kertas.

Juara bertahan Malaysia juga akan menurunkan tim kuat seperti pemain peringkat 10 dunia Lee Zii Jia dan peringkat 5 dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan akan memiliki motivasi ekstra untuk bermain di kandang lagi.

“Tim-tim tidak hanya akan memperebutkan tempat di Final Piala Thomas dan Uber di turnamen ini,” kata pelatih tunggal putra nasional Hendrawan.

“Pemain juga akan memperebutkan poin peringkat menuju kualifikasi Olimpiade Paris. Banyak tim juga telah memilih pemain-pemain muda, yang akan mengambil kesempatan ini untuk membuktikan kemampuan mereka.”

“Kebanggaan tim juga akan dipertaruhkan seperti turnamen beregu lainnya dan bagi kami, kebanggaan bermain di kandang sendiri juga,” tambah Hendrawan.

Kejuaraan Beregu Asia 2024 juga berfungsi sebagai kualifikasi untuk Final Piala Thomas dan Uber pada tanggal 27 April-5 Mei di Chengdu, Tiongkok, namun tim putra dan putri yang berada di peringkat empat besar dalam peringkat Tim Dunia sudah yakin akan tempat mereka, meninggalkan Piala Thomas dan Uber tim lain untuk memperebutkan tempat.

China dan India telah memastikan tempat mereka di Piala Thomas masing-masing sebagai tuan rumah dan juara bertahan.

Jika kedua tim berhasil mencapai semifinal Kejuaraan Beregu Asia, dua tempat tambahan akan terbuka untuk Piala Thomas.

Jepang dan Malaysia, yang masing-masing menjadi unggulan ketiga dan keempat, juga sudah lolos ke pertemuan tim bergengsi tersebut.

Artikel Tag: Kejuaraan Beregu Asia 2024, Indonesia, China, India, Malaysia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kejuaraan-beregu-asia-2024-tetap-kompetitif-meski-beberapa-bintang-absen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *