Formula E umumkan seri balap mobil listrik junior NXT Gen Cup

Jakarta (ANTARA) – Ajang balap mobil Formula E mengumumkan seri balap mobil junior listrik pertama di dunia bertajuk NXT Gen Cup yang diharapkan mampu menjadi dukungan untuk mengembangkan talenta muda, baik putra maupun putri, di pasar motorsport utama.

Dikutip dari keterangan resmi Formula E, Sabtu, NXT Gen Cup akan masuk sebagai salah satu rangkaian Formula E Musim 10 di Eropa, meliputi balapan di Misano, Monaco, Berlin, dan London.

“Penambahan kategori junior untuk balap mobil listrik ke kalender kami di Eropa akan lebih berkontribusi pada pembinaan talenta muda yang merupakan bagian penting dari olahraga kami dan memberi mereka kesempatan untuk berlomba di panggung yang sama dengan pembalap dan tim kelas dunia,” kata Co-Founder dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo.

Adapun susunan pembalap di seri NXT Gen Cup didominasi oleh pembalap berusia di bawah 17 tahun dengan nama-namanya akan diumumkan secara resmi dalam waktu dekat.

Penampilan perdana NXT Gen Cup di paddock Formula E akan dimulai di Misano, Italia, pada 13-14 April.

Seri ini akan menampilkan dua sesi latihan (FP) berdurasi 20 menit (kecuali di Monaco dengan hanya satu sesi FP), sesi kualifikasi selama 20 menit, dan balapan utama selama 20 menit.

NXT Gen Cup adalah seri balap listrik yang diperuntukkan bagi 20 pembalap muda berusia 15-25 tahun yang mengambil langkah pertama mereka dalam dunia balap dengan tujuan untuk mendidik dan mengembangkan bakat mereka guna membangun karier balap yang sukses.

Baca juga: Wehrlein raih kemenangan pertama Formula E 2024 di Meksiko

“Kami bersama Formula E dan DTM telah menciptakan kalender spektakuler yang akan memberikan landasan kuat bagi pembalap junior untuk memulai karier balap mereka dan menunjukkan bakat mereka kepada beberapa tim dan mitra terbaik di dunia,” kata Pendiri NXT Gen Cup Fredrik Lestrup.

Seri ini menjalankan mobil serba listrik yang dikembangkan dan dibangun oleh Lestrup Racing Team. Model dari mobil LRT NXT1 ini pun terinspirasi dari MINI Cooper SE.

Mobil balap berpenggerak roda depan 180bhp menawarkan tambahan 60bhp saat fitur push-to-pass aktif dengan baterai 30kWh dan sistem 800 V bersama fitur-fitur serta pelengkap lainnya.

Sebanyak 20 mobil balap telah dibuat untuk seri ini dengan perlengkapan yang sama untuk semua pembalap. Semua operasi pengisian daya ditangani bersama dengan mitra pengisian daya resmi NXT Gen Cup, ABB E-Mobility.

Baca juga: Formula E usung tema “It’s On” untuk musim 2024

Baca juga: Formula E perpanjang inisiatif FIA Girls on Track pada musim 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *