Shaikh Salman puji capaian Indonesia sebagai juara AFC eAsian Cup

Jakarta (ANTARA) – Presiden Asian Football Confederation (AFC) Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa memuji pencapaian Indonesia dalam turnamen AFC eAsian Cup Qatar 2023 yang dinobatkan sebagai juara.

“Atas nama AFC, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang sebesar-besarnya kepada Indonesia atas penampilan fenomenal mereka di Piala Asia AFC, yang benar-benar menunjukkan bakat luar biasa yang tumbuh subur di Asia,” kata Shaikh Salman dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Trio tangguh Indonesia yang dipimpin oleh Rizky Faidan, Mohamad Akbar Paudie dan juara IESF Bali World Esports Championship 2022 Elga Cahya Putra memastikan kemenangan melawan Jepang dalam dua pertemuan sengit pada babak final.

Kemenangan pertama diraih melalui adu penalti yang menegangkan, sedangkan kemenangan kedua ditutup dengan kemenangan 1-0 yang diraih dengan susah payah di menit ke-100 perpanjangan waktu.

Baca juga: Indonesia juara AFC eAsian Cup Qatar

AFC eAsian Cup, yang berlangsung selama lima hari 1-5 Februari, menampilkan tim-tim dari asosiasi anggota konfederasi yang lolos ke Piala Asia AFC Qatar 2023.

Turnamen tersebut menambah babak baru dalam sejarah AFC, semakin menggarisbawahi ambisinya untuk mengukuhkan posisinya sebagai role model sebuah konfederasi.

“Saya juga ingin menyampaikan harapan saya kepada semua peserta lainnya, karena telah menjadi bagian dari petualangan menarik ini dan tercatat dalam sejarah sebagai peserta edisi pertama acara tersebut,” ujar Shaikh Salman.

“Selama beberapa hari terakhir kami telah terhubung dengan generasi baru, penggemar dan pesaing dari seluruh benua berkumpul untuk merayakan semangat sepak bola.”

“AFC selalu teguh dalam misinya untuk tetap inklusif, dan perjalanan ke dunia maya ini merupakan langkah terbaru untuk mewujudkan tujuan tersebut,” kata pria yang juga menjabat sebagai Senior Vice President FIFA itu.

Shaikh Salman juga memuji tuan rumah Qatar dan penyelenggara lokal yang telah menyukseskan turnamen.

“Menjadi tuan rumah acara edisi perdana di kota yang sama dengan Piala Asia AFC yang sedang berlangsung menjadikan pengalaman ini benar-benar tak terlupakan dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang telah menyelenggarakan acara ini dengan keramahtamahan dengan standar tertinggi,” ujar Shaikh Salman.

Baca juga: Indonesia ke final AFC eAsian Cup usai kalahkan Thailand

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *