Profil Kuma One Piece, Dulunya Anggota Revolusioner!

JeteX –  One Piece selalu memberikan kejutan bagi para penggemarnya, salah satunya adalah terungkapnya profil Kuma yang sebenarnya. Bahkan, para penggemar One Piece beranggapan kalau Kuma menjadi salah satu karakter One Piece yang memiliki peran penting pada Luffy untuk menjadi raja bajak laut. Penasaran siapa sebenarnya Kuma? Simak selengkapnya profil Kuma One Piece di artikel berikut!

Profil Kuma One Piece

Profil Kuma One Piece
sc: Nintendors

Kuma merupakan keturunan kerajaan Sorbet yang terletak di South Blue dan lahir pada tanggal 9 Februari. Sebelum time skip ia berusia 45 tahun dan kini berusia 47 tahun. Kuma juga memiliki kisah yang memiliki banyak peran seperti, Shichibukai, mantan eksekutif Pasukan Revolusioner, dan mantan raja dari Kerajaan Sorbet.

Kuma pertama kali muncul pada arc Thriller Bark yang menampilkan kesan jahat, karena pada waktu itu Kuma mejabat sebagai sichibukai. Kuma berniat untuk menangkap Luffy yang tengah sekarat setelah pertempuran melawan Gecko Moria. Namun, rencana Kuma gagal karena dihadang oleh Zoro yang rela berkorban.

Bartholomew Kuma atau kerap dipanggil Kuma adalah mantan anggota Revolusioner yang menjadi salah satu Shichibukai dengan nilai bounty sebesar 296.000.000. Julukannya sebagai “Tiran” juga menjadikan sosok Kuma terkenal dikalangan para bajak laut. Selain itu, ia juga memiliki tubuh yang dimodifikasi menyerupai cyborg oleh ilmuwan pemerintah Dr. Vegapunk dengan nama Pacifista dan menjadi cyborg seutuhnya bernama  “PX-0”.

Baca juga: Bocoran Jujutsu Kaisen Chapter 236: Kematian Gojo dan Tanggal Rilis

Penampilan Bartholomew Kuma

Profil Kuma One Piece
sc: Sportskeeda

Kuma memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar hingga mencapai ketinggian 7 meter dengan kulit berwarna coklat gelap. Setelah Moria dikeluarkan, ia menjadi Shichibukai tertinggi. Penampilannya menyerupai sosok beruang dengan rambut ikal sebahu berwarna hitam. Matanya juga terlihat unik, hampir seperti memakai kacamata. Selain itu, ia juga sering kali terlihat membawa Alkitab.

Kuma selalu memakai topi yang memiliki sepasang telinga bulat dengan motif bintik-bintik coklat, serupa dengan celananya. Jaket yang dipakai berwarna hitam tebal bertangan panjang dengan garis strip putih di bagian depannya dan cetakan kaki di ujung bawah jaket. Ia sering memakai sepasang sarung tangan dan sepatu abu-abu. Dagunya juga terlihat menonjol panjang dan memiliki tato “PX-0” di sisi kiri pangkal tenggorokannya.

Baca juga: 10 Anime dengan Unsur Indonesia, dari Tempe hingga Bali!

Karakteristik Bartholomew Kuma

Profil Kuma One Piece
sc: Ihwal

Meskipun dikenal dengan kebrutalannya saat masih menjadi bajak laut di masa lalu, Kuma adalah sosok yang sangat tenang dan pendiam. Berbeda dengan kebanyakan Shichibukai lainnya, Kuma dianggap sebagai karakter yang baik hati. Kesan ini bisa ditarik dari tindakannya, terutama ketika dua kali menyelamatkan nyawa Luffy.

Meskipun jarang menunjukkan emosi saat berbicara, Kuma terkenal dengan ketenangannya dan kecenderungannya menggunakan target kata dalam kalimat-kalimatnya. Kebiasaan uniknya adalah menanyakan tujuan seseorang sebelum mengirim mereka pergi dengan menggunakan kemampuannya. Meski terkadang ia mengirim mereka ke tempat yang tidak disukai oleh orang tersebut.

Sebagai Shichibukai, Kuma dikenal sebagai sosok yang loyal terhadap perintah Angkatan Laut. Namun, ia masih mempertahankan pemikirannya sendiri, terutama terkait keadilan moral seperti saat mengecam keputusan pemerintah dalam menerima Blackbeard sebagai Shichibukai. Selain itu, ia juga pernah berbohong kepada Angkatan Laut saat menolak menyerahkan Bajak Laut Topi Jerami saat arc Thriller Bark.

Banyak misteri terkait karakter Kuma, termasuk motivasinya saat menjadi bahan percobaan pemerintah. Ia terampil dalam berbohong, berhasil menipu Pemerintah Dunia tentang afiliasinya dengan Tentara Revolusioner selama bertahun-tahun ketika menjabat sebagai Shichibukai.

Setelah proses modifikasi, Kuma kehilangan kepribadian, memori, dan kehendak bebas seperti manusia, menjadikannya “Senjata Hidup” dalam bentuk Pacifista yang hanya mengikuti perintah pemerintah dunia. Keadaannya dijelaskan oleh Donquixote Doflamingo saat perang Marineford yang menyebutkan bahwa ia sudah mati.

Baca juga: Kenalan dengan Chopper One Piece, Dokter Kru Topi Jerami

Trivia Kuma One Piece

Profil Kuma One Piece
sc: Teras Gorontalo

Setelah tahu tentang profil Kuma One Piece. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik Kuma selama awal debutnya hingga sekarang. Yuk simak selengkapnya beberapa fakta Kuma berikut!

  • Kuma terungkap dinyatakan telah mati selama pertempuran di Marineford, yang menandai berakhirnya zaman keemasan bajak laut dan memulai era baru.
  • Setelah keluarnya Gekko Moria, Kuma sekarang menjadi Shichibukai aktif yang tertua dan tertinggi.
  • Sebagai Shichibukai, Bartholomew Kuma memiliki tema hewan beruang.
  • Pengguna buah iblis Nikyu Nikyu no Mi yang mampu menarik dan memberikan rasa sakit ke lawannya.
  • Seorang Buccaneer yang mengidolakan sosok Nika.
  • Memberi banyak bantuan untuk Luffy pada saat arc Sabody.
  • Sudah dimodifikasi oleh Vegapunk menjadi senjata hidup.
  • Mantan anggota pasukan revolusioner dan dikenal sebagai orang baik.
  • Kuma tadinya adalah raja dari Kerajaan Sorbet.
  • Kuma diperbudak Tenryuubito.
  • Ayah dari Jewelry Bonney.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Gameplay One Piece Odyssey yang Ditunggu-Tunggu! 

Penutup

Itu tadi adalah sekilas tentang profil Kuma One Piece. Jika kamu penasaran dengan kisah lengkap Kuma, tonton sekarang serial anime nya di saluran pilihan kamu. Untuk pengalaman menonton yang lebih seru, nikmati kisah Kuma dengan menggunakan headset yang bisa kamu temukan di JETE Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *