Indonesia bertemu Korea Selatan di 16 besar AFC eAsian Cup Qatar

Kami ingin mencatatkan sejarah sebagai peraih gelar pertama Piala eAsian

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional eFootball Indonesia akan bertemu Korea Selatan dalam babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar pada Minggu, setelah berhasil menjadi pemuncak Grup D.

Timnas eFootball Indonesia, yang diperkuat Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie, memastikan posisinya di puncak klasemen Grup D dengan bermain dominan saat melawan Vietnam dan Jepang, mengumpulkan total sembilan poin dan sembilan selisih gol.

“Kami mendapat banyak dukungan dari Indonesia dan saya berharap mereka mendoakan dan mendukung kami. Atas restu mereka, kami ingin mencatatkan sejarah sebagai peraih gelar pertama Piala eAsian,” ujar Elga dikutip dari laman resmi AFC Asian Cup, Minggu.

Dipimpin oleh juara dunia eFootball World Esports Championship IESF 14th Bali 2022 Elga, Indonesia mengalahkan Vietnam dengan kemenangan menakjubkan 5-0, disusul kemenangan 1-0 di leg kedua, pada pertandingan hari pertama Kamis, (1/2).

Pada pertandingan hari kedua, Jumat (2/2), Jepang mengistirahatkan pemain bintangnya Aihara Tsubasa, demikian juga dengan Indonesia yang tidak menurunkan Elga.

Meski begitu, Indonesia tidak menghadapi masalah tanpa pemain utama. Faidan dan Akbar bahkan unggul tiga gol di babak pertama. Jepang mencoba membalikkan keadaan di babak kedua dengan mengganti Satake Shinichi dengan Aihara.

Baca juga: Enam atlet esport Indonesia lolos ke final kejuaraan dunia eFootball

Pertandingan, yang untuk pertama kalinya menampilkan gol melalui penalti, itu menunjukkan dominasi Indonesia hampir sepanjang babak kedua dan akhirnya meraih kemenangan 5-1.

Di leg kedua, Indonesia untuk pertama kalinya tertinggal di ajang tersebut saat Jepang mencetak gol di awal babak pertama, menggandakan keunggulan mereka di babak kedua sebelum kebobolan satu kali.

Perubahan pemain membuat Jepang membalas kekalahan leg pertama mereka dengan kemenangan 2-1 yang diraih dengan susah payah.

Sementara itu, Korea Selatan, yang berada di Grup E, berhadapan dengan Bahrain pada hari pertama fase grup. Tim Asia Barat memimpin tetapi tim Negeri Ginseng menyamakan kedudukan pada menit-menit awal babak kedua dan kemudian memimpin pada menit ke-85, untuk memastikan kemenangan 2-1.

Baca juga: Indonesia bersiap hadapi Jepang di fase grup AFC eAsian Cup Qatar

Di leg kedua, Korea Selatan tidak mampu mengatasi Bahrain yang menggempur lini pertahanan mereka hingga laga berakhir dengan 0-1.

Pada pertandingan terakhir Grup E hari pertama, Korea Selatan menang 1-0 atas Yordania tetapi dengan cepat dibalas dengan kekalahan 0-1 di leg kedua.

Pada hari kedua, Korea Selatan yang memimpin grup dengan enam poin berhadapan dengan Malaysia untuk laga terakhir mereka di fase grup. Negara Asia Timur itu ditahan imbang 1-1 oleh Malaysia pada leg pertama.

Leg kedua berakhir dengan skor sama seperti leg pertama. Dengan begitu, Korea Selatan lolos ke babak 16 besar dengan enam poin usai melakoni tiga pertandingan dan 0 selisih gol.

Laga babak 16 besar Indonesia vs Korea Selatan akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Indonesia lolos ke babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *