Indonesia lolos ke babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional eFootball Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar setelah mendapatkan tiga poin melawan Jepang pada pertandingan fase grup hari kedua, Jumat.

Timnas eFootball Indonesia, yang diperkuat Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie, memastikan posisinya di puncak klasemen Grup D dengan memenangi tiga leg dari dua pertandingan. Sebelumnya, skuad Merah Putih memenangi dua leg sekaligus saat melibas Vietnam dengan enam gol pada Kamis (1/2).

Pada pertandingan fase grup hari kedua, Indonesia, yang menurunkan Faidan dan Akbar, berhasil memenangi leg pertama dengan skor 5-1. Jepang kemudian membalas di leg kedua dengan menang 2-1, demikian disiarkan AFC Asian Cup.

Tidak butuh banyak waktu bagi Faidan dan Akbar untuk mencetak gol pertama. Pada menit ke-11 lewat Hokky Caraka, Indonesia berhasil menembus pertahanan Jepang.

Meski Jepang dapat melakukan switch pemain dengan cepat, Indonesia terus mendominasi. Pergerakan permainan Faidan dan Akbar begitu akurat dan tampak terencana untuk melancarkan serangan.

Skuad Merah Putih semakin agresif memporak-porandakan pertahanan Jepang, mencetak gol kedua pada menit ke-32 melalui Ramadhan Sananta.

Baca juga: Indonesia bersiap hadapi Jepang di fase grup AFC eAsian Cup Qatar

Chemistry Faidan dan Akbar semakin kuat. Mereka bahkan mampu menekan hingga permainan dilakukan hanya setengah lapangan, sementara Jepang masih belum menemukan solusi untuk menghadang punggawa Indonesia.

Pada pengujung babak pertama terjadi pelanggaran dari pemain Jepang di area kotak penalti, yang membuahkan tendangan penalti pertama di AFC eAsian Cup.

Lewat tendangan penalti Pratama Arhan, Faidan dan Akbar membawa Indonesia unggul 3-0.

Timnas eFootball Indonesia kemudian menambah dua gol lagi pada babak kedua. Namun, mereka harus kecolongan satu gol di pengujung babak, menutup leg pertama dengan 5-1.

Leg kedua Jepang melakukan perlawanan dengan mencetak dua gol. Skuad Merah Putih kemudian berusaha untuk mengejar ketertinggalan, tetapi mereka hanya berhasil satu kali menjebol gawang Jepang hingga pertandingan usai.

Dari laga hari kedua fase grup tersebut, Indonesia mendapatkan tiga poin. Skuad Merah Putih total mengumpulkan sembilan poin dan sembilan selisih gol untuk menempati posisi puncak klasemen Grup D.

Sementara itu, Jepang berada di posisi kedua dengan enam poin dan -3 selisih gol, lalu Vietnam di posisi ketiga dengan tiga poin dan -6 selisih gol.

Dengan demikian, Indonesia berhak lolos ke babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar 2023. Timnas eFootball akan kembali bertanding pada Minggu (4/2).

Baca juga: Indonesia tundukkan Vietnam 6-0 pada laga pertama AFC eAsian Cup Qatar

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *