Perjuangan Leverkusen raih gelar berpotensi terganggu Piala Afrika

Jakarta (ANTARA) – Perjuangan pemuncak klasemen Liga Jerman Bayer Leverkusen untuk meraih gelar juara liga berpotensi terganggu penyelenggaraan Piala Afrika, akibat sejumlah pemain mereka akan berkompetisi pada ajang tersebut.

Leverkusen kini unggul empat poin atas tim peringkat kedua Bayern Munich, yang memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Namun mereka kini harus tampil tanpa sejumlah pemain andalan asal Afrika seperti Odilon Kossounou, Edmond Tapsoba, dan Amine Adli.

Selain ketiga pemain itu, Leverkusen sebenarnya juga memiliki penyerang Nigeria Victor Boniface, yang awalnya berencana melakukan debut di Piala Afrika. Sayangnya Boniface mengalami cedera pangkal paha saat latihan, dan akan absen sampai April setelah menjalani operasi.

Piala Afrika akan dimulai pada Sabtu (13/1) dan berlangsung sampai 11 Februari.

Pada periode itu, terdapat sejumlah laga penting bagi Leverkusen, termasuk laga kandang melawan Bayern dan tandang ke markas tim peringkat keempat RB Leipzig. Leverkusen juga masih harus memainkan pertandingan perempat final Piala Jerman melawan VfB Stuttgart yang sedang tampil bagus.

Pasukan Xabi Alonso mencatatkan 22 kemenangan dan imbang tiga kali dari 25 pertandingan musim ini. Catatan impresif itu tidak lepas dari kontribusi para pemain Afrika mereka.

Boniface telah mencatatkan penampilan gemilang sejak didatangkan pada musim panas silam. Ia telah mengoleksi sepuluh gol dan tujuh assist.

Penyerang Ceko Patrik Schick telah pulih dari cedera, dan akan diandalkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan sang pemain Nigeria.

Baca juga: Schick ukir trigol saat Bayer Leverkusen menang 4-0 atas Bochum

Schick telah mencetak enam gol dari sembilan pertandingan di semua kompetisi, dengan catatan rata-rata satu gol per 40 menit. Catatan itu termasuk trigol saat mereka menang 4-0 atas Bochum, yang akan memberi harapan bagi para penggemar Leverkusen.

Masalah lain adalah Piala Afrika tidak hanya akan berdampak bagi lini depan Leverkusen.

Pasukan Alonso telah kemasukan 12 gol dari 14 pertandingan musim ini. Dua bek tengah Kossounou dan Tapsoba telah membangun kemitraan yang kokoh, bersama bek internasional Jerman Jonathan Tah.

Pemain Burkina Faso Tapsoba, mengatakan kepada sejumlah pewarta pada Desember, bahwa Leverkusen memiliki kedalaman yang cukup untuk melewati masa-masa sulit.

“Kami percaya kepada rekan-rekan setim kami dan semua orang bekerja keras. Anda dapat melihat pelatih berusaha untuk merombak tim pada setiap pertandingan, dan menurut saya semua orang akan mendapatkan kesempatan,” ujar Tapsoba seperti dikutip dari AFP.

“Maka kami tidak akan terlalu cemas tentang hal itu,” tambahnya.

Alonso pada bulan lalu pernah menyuarakan hal serupa.

“Kami kehilangan sejumlah pemain namun kami dapat melihat bahwa semua pemain kami dapat bermain. Saya tidak menangis, dan saya bukan korban. Kami memiliki pemain yang cukup,” tutur Alonso.

Direktur olahraga Leverkusen Simon Rolfes mengatakan pada Desember silam, bahwa Piala Afrika semestinya digeser waktunya, sebab hal itu memberi dampak bagi keputusan klub untuk mengontrak pemain-pemain asal Afrika.

“Tentu saja semua klub Eropa perlu memikirkannya. Anda tidak dapat memiliki 15 pemain Afrika di skuad Anda dan kemudian pada Januari, Anda tidak memiliki pemain lagi,” kata Rolfes.

“Kami akan senang jika Piala Afrika dimainkan pada libur musim panas di antara musim, namun inilah yang terjadi,” ujarnya.

Baca juga: Jadon Sancho kembali ke Dortmund dengan status pinjaman dari United

Pemain yang layak diperhatikan: Jadon Sancho (Borussia Dortmund)

Jadon Sancho kembali ke Borussia Dortmund dengan status pemain pinjaman sampai akhir musim pada Kamis (11/1) silam. Ia berharap situasi klub yang familiar dapat membuatnya kembali menampilkan permainan terbaiknya.

Sancho mengoleksi 50 gol dan 64 assist dari 137 pertandingan untuk Dortmund, sebelum direkrut Manchester United pada 2021.

Ia tidak menjalani masa-masa yang menyenangkan di United, dengan koleksi hanya 12 gol dari 82 pertandingan sebelum ditepikan manajer Erik ten Hag.

Tim peringkat kelima Dortmund juga menumpukan harapan mereka kepada Sancho.

Salah satu pertandingan terakhir Sancho dalam balutan seragam Dortmund adalah saat mereka menang 4-1 atas RB Leipzig di ajang Piala Jerman. Pada laga tersebut Sancho mengemas dua gol dan memberi assist untuk Erling Haaland.

“Kenangan-kenangan indah. Mulai memenangi pertandingan, mulai mencetak gol, mulai memberi assist. Saya tidak sabar untuk memulainya,” kata Sancho kepada channel Dortmund.

Statistik kunci:

Enam: Dortmund tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Leverkusen, dan berada di posisi keempat. Terakhir kali Dortmund finis di luar empat besar adalah pada musim 2014/2015, yang merupakan tahun terakhir Jurgen Klopp di klub tersebut.

Enam: Leverkusen hanya kehilangan enam poin dari kemungkinan 48 poin pada musim ini. Selama ini setiap tim yang mencetak 40 atau lebih poin di fase ini dalam semusim akan memenangi gelar.

Enam: Enam tim yakni Wolfsburg, Bochum, Union Berlin, Mainz, Cologne, dan Darmastadt, memiliki koleksi gol yang lebih sedikit dibanding 21 gol yang dikoleksi Harry Kane musim ini.

Baca juga: Bayern Muenchen dapatkan Eric Dier dari Tottenham

Jadwal pertandingan Liga Jerman:

Jumat (13/1)

Bayern Munich vs Hoffenheim

Sabtu (14/1)

Freiburg vs Union Berlin, Mainz vs Wolfsburg, Augsburg vs Bayer Leverkusen, RB Leipzig vs Eintracht Frankfurt, Cologne vs Heidenheim, Darmstadt vs Borussia Dortmund

Minggu (15/1)

Bochum vs Werder Bremen, Borussia Moenchengladbach vs Stuttgart.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *