Nottingham Forest dan Everton melaju ke putaran keempat Piala FA

Jakarta (ANTARA) – Nottingham Forest dan Everton mendapat hiburan dari potensi pengurangan poin di Liga Inggris, dengan melaju ke putaran keempat Piala FA pada Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Forest menaklukkan tim strata ketiga Blackpool dengan skor 3-2 setelah perpanjangan waktu, sedangkan Everton menang 1-0 atas Crustal Palace pada pertandingan ulang putaran ketiga.

Kemenangan ini terasa sangat melegakan bagi Forest dan Everton, yang pada Senin (15/1) dinyatakan bersalah oleh komisi independen Liga Inggris setelah mengakui melanggar peraturan finansial.

Tudingan itu terkait dengan kejadian pada musim 2022/2023 dan membuat mereka berpotensi dijatuhi hukuman pengurangan poin.

Everton dan Forest saat ini sedang berjuang di papan bawah klasemen, sehingga hukuman itu membuat posisi mereka di kompetisi strata tertinggi Inggris tengah terancam.

Everton telah mengalami pengurangan sepuluh poin pada musim ini, karena melanggar peraturan keuntungan dan keberlanjutan pada musim 2021/2022.

Terancam Blackpool

Blackpool mengancam Forest sebelum pasukan Nuno Espirito Santo akhirnya melaju ke 32 besar.

Andrew Omobamidele membawa Forest memimpin melalui sepakan voli jarak dekat pada menit ke-16, setelah tendangan sudut Nicolas Dominguez dibelokkan oleh Ryan Yates.

Omobamidele melakukan debutnya untuk Forest, setelah didatangkan dari Norwich pada September silam. Danilo kemudian menggandakan keunggulan Forest saat babak kedua baru bergulir 53 detik.

Gol semata wayang Gomes menangkan Everton

Kiper Blackpool Daniel Grimshaw gagal membuang bola operan Albie Morgan, dan Danilo memaksimalkannya dengan penyelesaian jarak dekat.

Morgan menebusnya saat ia melesakkan bola ke sudut atas gawang lawan pada menit ke-61.

Dengan Forest telah terpukul semangatnya, Kyle Joseph menyamakan kedudukan pada menit ke-78 dengan tandukannya dari umpan silang Andy Lyon.

Namun penyerang Selandia Baru Chris Wood menghapus rasa cemas Forest pada menit ke-110, dengan memaksimalkan umpan silang Yates.

“Kami kembali tampil buruk. Kami merepotkan diri kami sendiri,” kata Wood seperti dikutip AFP.

Forest akan melawat ke markas tim strata kedua Bristol City, yang secara mengejutkan menang atas West Ham United pada Selasa.

Everton harus menjaga fokus mereka di tengah intervensi FA, ketika mereka menyingkirkan Palace di Goodison Park.

Itu merupakan kemenangan pertama mereka di semua kompetisi sejak 16 Desember. Saat itu, Everton mengalahkan Luton Town di putaran keempat.

Andre Gomes mencetak gol melalui tendangan bebas untuk membawa Everton memimpin pada menit ke-42. Itu juga merupakan gol pertama Everton sejak 27 Desember setelah tiga kali gagal mencetak gol sama sekali.

Norwich mengamankan tiket ke putaran keempat melawan Liverpool, saat klub Championship itu menang 3-1 di markas Bristol Rovers.

Rovers yang menghuni posisi ke-11 di League One, unggul lebih dulu melalui sepakan mendatar Luke McCormick dari tepi kotak penalti pada menit ke-20.

Namun Gabriel Sara menyamakan kedudukan Norwich pada menit ke-53. Adam Idah mengonversi penalti pada menit keenam, dan gol Kenny McLean pada menit ke-87 memastikan kemenangan Norwich.

Baca juga: Nottingham Forest resmi tunjuk Nuno Espirito sebagai pelatih baru

Baca juga: Manchester United singkirkan Wigan Athletic di putaran ketiga Piala FA

Baca juga: Liverpool singkirkan Arsenal dengan skor 2-0

Baca juga: Manchester City libas Huddersfield lima gol tanpa balas


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *