McLaren percaya diri bisa tampil lebih kompetitif di F1 2024

Jakarta (ANTARA) – Bos McLaren Zak Brown mengatakan merasa percaya diri bisa tampil lebih kompetitif dan menjadi salah satu pesaing berat pada Formula 1 musim 2024.

“Saya merasa percaya diri. Saya pikir semua orang yang berada di McLaren telah melakukan pekerjaan luar biasa di luar musim,” kata Brown, dikutip dari laman resmi Formula 1, Kamis.

Rasa optimisme itu pun muncul ketika McLaren mengungkapkan desain kekhasan terbaru mereka musim ini dengan warna jingga ikonis mereka serta pembaruan teknis yang disematkan dalam mobil yang dinamakan MCL38 tersebut.

“Tentu saja, akan ada pengembangan lanjutan (dengan mobil), jadi kami belum selesai. Kami baru saja selesai dengan spesifikasi mobil peluncuran kami dan kami berharap adanya peningkatan yang berkelanjutan sepanjang tahun ini,” jelas Brown.

Di sisi lain, Kepala Tim McLaren Andrea Stella mengatakan ia bertugas untuk mengawasi restrukturisasi teknis musim lalu. Pembaruan teknis besar-besaran itu pun terbukti mampu membawa McLaren dalam perebutan podium di setiap grand prix pada pertengahan hingga akhir musim 2023.

Puncaknya adalah tujuh kali naik podium dalam delapan balapan terakhir, termasuk lima hasil P2, serta posisi keempat dalam klasemen konstruktor di belakang Red Bull, Mercedes, dan Ferrari.

“Sejauh ini, saya harus mengatakan bahwa kami tidak melihat adanya penurunan hasil,” katanya tentang prospek pengembangan McLaren pada 2024 menyusul peningkatan prestasi tahun lalu.

“Menurut saya, dalam hal regulasinya sendiri dan dalam hal pengembangan yang kami lakukan khususnya di McLaren, kami melihat bahwa gradien pengembangan linier dapat dipertahankan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: McLaren ungkap desain livery MCL38 untuk hadapi F1 2024

Di sisi lain, dua pembalap McLaren yaitu Lando Norris dan Oscar Piastri sepakat bahwa mereka sudah tidak sabar untuk menjajal mobil baru yang diharapkan mampu memperbaiki performa mereka musim ini.

“Semua orang di pabrik telah bekerja sangat keras di luar musim dan saya tidak sabar untuk berada di belakang kemudi mobil 2024 untuk menantang pesaing kami di posisi terdepan,” kata Norris.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Baca juga: Mercedes, Alpine, Red Bull siap ungkap desain terbaru untuk F1 2024

Baca juga: Wolff perpanjang kontrak bersama Mercedes hingga 2027

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *