Honda jadwalkan 22 uji coba privat jelang MotoGP 2024

Jakarta (ANTARA) – Tim balap pabrikan Honda (HRC/Repsol Honda) dilaporkan sudah menjadwalkan setidaknya sebanyak 22 uji coba privat sebagai persiapan mereka menjelang MotoGP musim 2024.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu, uji coba privat itu nantinya akan diikuti oleh dua pembalap utama mereka yakni Joan Mir dan Luca Marini, bersama dengan pembalap cadangan tim yaitu Stefan Bradl.

Lebih lanjut, salah satu uji coba privat itu akan diadakan di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Spanyol, pada tanggal 24 dan 25 Januari.

Adapun Bradl, yang merupakan pembalap Honda di kelas balap World Superbike (WSBK), juga akan mempersiapkan diri jelang sesi uji coba resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, awal Februari nanti.

Honda pun dilaporkan tengah mencari pembalap penguji atau cadangan kedua untuk ikut membantu Bradl, serta menjadi mitra bagi Mir dan Marini untuk saling bertukar pendapat selama sesi uji coba berlangsung.

Di sisi lain, tim pabrikan Jepang lainnya, Yamaha, sebelumnya juga mengungkapkan akan mengikuti langkah Honda untuk menyempurnakan performa motor bersama para pembalapnya jelang MotoGP 2024.

Hal itu diungkapkan oleh pembalap baru Yamaha, Alex Rins, yang mengatakan akan melakoni uji coba privat dalam jumlah yang cukup banyak.

“Mereka sedang mengerjakan rencana (uji coba privat) ini. Yang pasti saya akan melakukan tes di Sepang… Menurut saya, dengan lebih banyak waktu untuk melakukan uji coba, maka berarti lebih banyak hal pula untuk dipelajari,” kata Rins.

“Saya merasa baik karena ini memberi saya kesempatan untuk lebih siap menghadapi awal musim,” ujarnya menambahkan.

Musim ini akan menjadi debut Rins bersama Yamaha, dan ia akan berada di satu tim dengan Fabio Quartararo.

Sementara itu, setelah melakoni rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang dan Qatar, musim mendatang pun akan dibuka dengan grand prix pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: MotoGP umumkan kalender presentasi tim untuk 2024

Baca juga: Alex dan Marc Marquez nantikan rivalitas dan kekompakan di Gresini

Baca juga: MotoGP rayakan 75 tahun kompetisi lewat logo baru untuk 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *