Ginting bangkit dan beri perlawanan sengit di babak pertama India Open

Jakarta (ANTARA) – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting bangkit dan memberikan perlawanan sengit saat menghadapi wakil Jepang Kanta Tsuneyama pada babak 32 besar India Open 2024, Rabu.

Ginting menang atas Tsuneyama melalui drama rubber game dengan skor 16-21, 23-21, 21-17 pada laga yang digelar di K.D.Jadhav Indoor Hall, Indira Gandhi Sports Complex, New Delhi, India tersebut.

Mengenai jalannya pertandingan, Ginting, yang turun sebagai unggulan keempat pada turnamen ini memberikan perlawanan yang sengit sejak gim pertama. Ia menunjukkan daya juang yang tinggi meski sempat tertinggal, lalu beberapa kali menyamakan poin, hingga akhirnya merebut intrerval gim pertama.

Selepas turun minum, Tsuneyama mencoba mengubah pola permainan dan strateginya berhasil untuk meraih gim pertama dari Ginting.

Pada gim kedua, Ginting mengubah ritme permainan, terutama pada poin-poin tua, dimana saat itu wakil Jepang sudah unggul darinya.

Momen penting terjadi saat Ginting menyamakan kedudukan 19-19, 20-20, dan 21-21 sebelum akhirnya tunggal putra peringkat empat dunia itu merebut gim kedua dan memaksa adanya rubber game.

“Kuncinya di gim kedua akhir saat saya coba mengubah pola permainan karena di gim pertama sudah coba buat meladeni permainan lawan tapi kurang berhasil,” kata Ginting.

Baca juga: Persiapan matang dan ketenangan bawa Jonatan ke 16 besar India Open

Baca juga: Rehan/Lisa melaju ke 16 besar India Open tanpa bertanding

“Saya tidak menyerah, cari terus, cari terus strategi untuk mendapatkan poin sekaligus meredam kelebihan dia. Selain itu, saya cukup senang karena saat tertinggal poin di gim kedua tapi saya masih bisa fokus dan akhirnya keluar dari tekanan,” ujarnya menambahkan.

Pada gim pamungkas, perebutan poin yang ketat kembali terjadi. Namun, beberapa kali Ginting sempat melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat lawan mendapatkan poin mudah.

“Di gim ketiga setelah unggul 19-12 saya beberapa kali mati sendiri dan ada rehat beberapa lama juga karena medical break jadi temponya agak melambat sedikit,” kata Ginting.

Dengan ini, maka Ginting akan bertemu dengan pemenang laga antara Kenta Nishimoto (Jepang) dan Lu Guang Zu (China) yang bertanding hari ini.

“Sekarang fokus recovery dulu dan evaluasi pertandingan tadi. Sambil menunggu calon lawan besok,” ujar Ginting.

Kemenangan ini juga menjadikan Ginting sebagai wakil kelima Indonesia yang lolos ke babak 16 besar turnamen BWF Super 750 ini, menyusul Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran), dan Jonatan Christie (tunggal putra).

Baca juga: Ginting akui laga 16 besar Malaysia Open berlangsung ketat

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *