Duo Prancis Loeb dan Van Beveren rebut etape sembilan Dakar 2024

Jakarta (ANTARA) – Sebastien Loeb (Prodrive) mengklaim kemenangan keempatnya di Dakar 2024 setelah menjadi yang tercepat pada etape sembilan kategori mobil, sementara Adrien Van Beveren (Honda) melengkapi selebrasi untuk Prancis di roda dua.

Akan tetapi kedua pembalap itu belum mampu menggoyahkan puncak klasemen umum sementara yang masih dipegang oleh Carlos Sainz (Audi) dan Ricky Brabec (Honda).

Etape sembilan meliputi special stage sejauh 400km yang melewati bukit-bukit pasir dan jalur berbatu yang menantang kemampuan navigasi para pembalap dari Hail ke Al-Ula.

Loeb, yang juara dunia reli sembilan kali, merebut kesuksesan ke-27 selama berkiprah di Dakar demi memangkas empat menit 14 detik dari Sainz, yang masih unggul dengan selisih 20 menit 33 detik setelah finis posisi kedua hari ini.

“Hari yang baik bagi kami, etape yang panjang,” kata Loeb dikutip AFP.

Baca juga: Loeb bayangi Sainz setelah menangi etape tujuh Dakar 2024

“Kami mendapati dua ban bocor di tengah jalan jadi pada akhirnya kami harus lebih berhati-hati agar tidak mendapati yang ketiga kalinya.

“Jaraknya masih jauh, tapi kami masih punya tiga etape lagi. Jadi kita lihat nanti dan kami akan terus menekan pada tiga hari berikutnya,” kata Loeb yang berharap merebut gelar pertamanya di Dakar pada etape terakhir di Yanbu, di pesisir Laut Merah itu.

Pembalap lainnya dari Prancis Mathieu Serradori (Century) merebut podium ketiga, empat menit 43 detik di belakang Loeb.

Baca juga: Sainz perlebar jarak di puncak klasemen seusai etape 8 Dakar 2024

Sementara itu, Van Beveren mengklaim kemenangan keduanya pada Dakar tahun ini setelah finis 42 detik lebih cepat dari rekan satu timnya di Honda, Ricky Brabec, yang bertahan di puncak klasemen.

“Etape ini sangat sulit. Saya mencoba yang terbaik, benar-benar mencoba untuk konsisten dan saya kira ini etape yang baik. Saya mengerahkan segalanya. Tidak ada yang disesali hari ini,” kata Beveren.

Brabec memperlebar jaraknya dari Ross Branch (Hero) yang kini terpaut tujuh menit sembilan detik di peringkat kedua klasemen.

“Saya kehilangan rem belakang sebelum mengisi ulang bahan bakar, jadi ini satu lagi etape tanpa rem belakang yang sangat berat, tapi secara keseluruhan, ini baik,” kata Brabec.

Baca juga: Carles Falcon meninggal dunia setelah alami cedera serius di Dakar

Pembalap Amerika Serikat itu akan berharap tampil baik pada etape sepuluh, Rabu, di mana para kompetitor akan membelah bentang gurun dengan deretan formasi batuan yang menjulang di Al-Ula dengan special stage sejauh 371km.

Van Beveren sepanjang etape hari ini tampil terdepan dan membuka jalan bagi para pembalap lainnya serta mengklaim bonus catatan waktu yang mengkatrol posisinya ke peringkat tiga sementara dengan jarak 11 menit 16 detik dari Brabec.

Pablo Quintanilla membantu Honda menyapu bersih podium hari ini setelah terpaut empat menit 19 detik dari Van Beveren.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *