Dwigol Berenguer bawa Athletic Bilbao menang 2-1 atas Sociedad

Jakarta (ANTARA) – Alex Berenguer mengemas dua gol untuk membawa Athletic Bilbao menang 2-1 atas rival Basque-nya, Real Sociedad, di Stadion San Mames, Bilbao, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Penyerang Spanyol 28 tahun itu mampu mengisi ruang yang ditinggalkan Inaki Williams yang pergi ke Piala Afrika untuk membela Ghana. Penampilan bagus Berenguer berkontribusi besar membawa Athletic naik ke peringkat ketiga dengan 41 poin di klasemen sementara Liga Spanyol.

Athletic memiliki koleksi poin yang sama dengan juara bertahan Barcelona berkat keunggulan selisih gol. Barcelona sendiri, yang saat ini berada di posisi keempat, sedang berada di Arab Saudi untuk memainkan pertandingan final Piala Super Spanyol melawan pemuncak klasemen Real Madrid.

“Masih panjang jalan untuk dilalui, namun kami berada di sini, walaupun kita telah melihat apa yang terjadi pada tahun lalu (saat Athletic finis di posisi kedelapan). Maka kami harus bergerak dengan tenang,” kata pelatih Athletic Ernesto Valverde seperti dikutip AFP.

Athletic membuka keunggulan pada menit ke-30 ketika Yuri Berchiche bergerak di sisi kiri, dan mengirim bola ke mulut gawang untuk disambar Berenguer.

Berenguer mengemas gol keduanya sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-42, ketika bola terdefleksi ke jalur pergerakannya di kotak penalti, dan ia mengarahkannya ke sudut bawah gawang Real Sociedad. Itu merupakan gol keempat Berenguer di liga musim ini.

“Musim ini saya tidak banyak bermain, saya harus mengambil kesempatan saat saya mendapatkannya, seperti hari ini,” tutur Berenguer.

Real Sociedad jarang menyulitkan kiper Athletic Unai Simon pada babak pertama, dan tuan rumah memegang kendali permainan setelah turun minum.

Tim tamu baru mendapatkan gol pelipur lara melalui Mikel Oyarzabal pada menit ke-88. Gol itu sempat membuat Athletic merasa terancam pada sisa jalannya pertandingan, meski mereka tetap mampu mengamankan tiga poin.

 

Betis menang 1-0 atas Granada

Mantan pemain Real Madrid, Isco, mencetak gol semata wayang pada menit ke-14, untuk membawa Real Betis menang 1-0 atas tim papan bawah Granada. Kemenangan itu membawa Betis naik ke posisi ketujuh, dengan 31 poin.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal ini, Las Palmas mendulang kemenangan 3-0 atas tamunya Villarreal. Kirian Roderiguez mengemas dua gol saat Las Palmas melanjutkan musim bagus mereka dengan kemenangan atas Villarreal yang kesulitan keluar dari papan bawah.

Real Mallorca bangkit dari ketinggalan untuk menahan imbang Celta Vigo dengan skor 1-1. Celta unggul terlebih dahulu berkat gol Iago Aspas pada menit kesepuluh, namun Cyle Larin mengamankan satu poin bagi tuan rumah berkat golnya pada menit ke-43.

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *