BPK PENABUR gelar turnamen esport PESTA untuk wadahi minat siswa

Jakarta (ANTARA) – Sekolah BPK PENABUR menggelar turnamen esport bertajuk PENABUR esport Turnamen (PESTA) 2024 untuk mewadahi minat siswa-siswi.

PESTA 2024 akan mempertandingkan dua nomor perlombaan yaitu Mobile Legend: Bang Bang dan Valorant yang akan berlangsung mulai 13 hingga 20 Januari.

“PESTA diadakan pertama kali pada Desember 2021, berangkat dari minat dan bakat peserta didik di bidang esport. PESTA memiliki tujuan untuk mengarahkan pelajar dalam esport agar kemampuan 4C yaitu Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration semakin meningkat,” kata Ketua BPK PENABUR Kenny Lim dalam konferensi pers yang berlangsung di SMAK 7 PENABUR, Jakarta, Jumat.

Sebanyak 550 peserta akan meramaikan turnamen yang pertama kali digelar pada 21 Desember 2021 tersebut. 550 peserta tersebut nantinya terbagi ke dalam skuad yang akan bertanding di nomor lomba Mobile Legend: Bang Bang sebanyak 76 tim dan Valorant akan berisi sebanyak 34 tim.

“Kami mengambil sisi positifnya kalau kami tidak mewadahi pun, mereka mungkin bermain game. Mereka bisa mengembangkan sendiri permainan tanpa kita kontrol. tapi kalau kami membuat wadah dan memfasilitasi jadi seperti mereka hobi yang lain, misalnya mereka hobi basket, voli,” urai Kenny Lim.

Kenny menjelaskan bahwa kemungkinan turnamen PESTA ini dapat berkembang ke kancah internasional seperti saat penyelenggaraan Festival Catur yang diadakan juga oleh BPK PENABUR.

Baca juga: PB ESI nilai Generasi Top Series mampu jadi wadah talenta-talenta baru

Mengenai hadiah kejuaraan, nantinya para juara berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari sejumlah universitas, di antaranya BINUS, ESMOD, dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Selain mewadahi siswa-siswi yang ingin berkecimpung menjadi atlet esport profesional, BPK PENABUR juga membuka kesempatan untuk siswa-siswinya belajar menjadi sportcaster dengan memandu jalannya turnamen kali ini.

“Kalau dari turnamen ini kami mengajak universitas, jadi yang juara di sini akan mendapat beasiswa dari universitas yang mendukung kegiatan ini dari BINUS, ESMOD, UMN. Dukungan dari kami adalah ekskul (ekstra kulikuler), jadi gratis kami bina sampai mereka jadi pemain profesional. Nah sesungguhnya dalam Penabur E-Sport Tournament ini bukan hanya gamersnya yang kami kembangkan tetapi juga bakat menjadi seorang sportcaster,” kata Kepala Sekolah SMAK 7 PENABUR Hendro Lumbanraja.

Dalam penutupan yang akan dilangsungkan di Emporium Pluit, Jakarta pada Sabtu (20/1) juga akan dimeriahkan dengan lomba coswalk dan character design yang diikuti sebanyak total 56 tim peserta.

Baca juga: Generasi Top Series diharap jadi batu loncatan menjadi atlet esport

Baca juga: Turnamen Mobile Legends Vaporlax Indogamers Season 1 segera digelar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *