Pelatih ungkap alasan Chico absen dari Malaysia Open 2024

Jakarta (ANTARA) – Pelatih kepala tunggal putra Indonesia Irwansyah mengungkapkan alasan Chico Aura Dwi Wardoyo dari turnamen pembuka tahun ini, yakni Malaysia Open 2024, yang akan bergulir pada 9-14 Januari di Kuala Lumpur.

“Mengenai Chico, di persiapan terakhir sebelum berangkat ke sini, dia mengatakan ada sedikit gangguan di pinggangnya sehingga membuat pergerakannya tidak enak, ada yang mengganjal,” ungkap Irwansyah, dikutip dari keterangan tertulis PP PBSI, Senin.

“Akhirnya, kami memutuskan untuk menarik mundur dari Malaysia Open untuk diterapi dan penguatan dulu,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Irwansyah mengatakan Chico kemungkinan dapat turun di dua turnamen BWF lainnya pada bulan ini, yaitu India Open (Super 750) dan Indonesia Masters (Super 500).

“Bila minggu ini membaik, dia akan turun di India Open atau paling tidak di Indonesia Masters dua pekan lagi,” kata Irwansyah.

Baca juga: Indonesia persiapkan diri dengan latihan jelang Malaysia Open 2024

Di sisi lain, pelatih mengatakan para atlet yang tengah dipersiapkan untuk mendulang lebih banyak poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, berada dalam kondisi prima dan siap bertanding di turnamen BWF Super 1000 pekan ini.

“Sejauh ini alhamdulillah tidak ada masalah untuk Jonatan dan Ginting. Sudah coba lapangan juga jadi tinggal bagaimana di pertandingan nanti. Secara persiapan sudah siap,” kata Irwansyah.

“Di turnamen pertama tahun 2024, akan ada penambahan variasi permainan. Dan akan coba kita terapkan mulai Malaysia Open ini. Kami juga coba matangkan yang sudah bagus. Semoga hasilnya nanti bisa terlihat,” ujarnya menambahkan.

Ia pun berpesan kepada kedua anak asuhnya tersebut untuk terus menjaga fokus dan kondisi, karena turnamen akan berlangsung padat hingga pesta olahraga terbesar di dunia itu dimulai pada Juli mendatang.

“Jangan lengah untuk menjaga semuanya itu,” ujar dia.

Selain Ginting dan Jonatan, Indonesia juga mengirimkan sejumlah wakilnya untuk berlaga di Malaysia Open 2024. Di sektor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Lebih lanjut, ada empat pasangan ganda putra yang mewakili Indonesia, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Selanjutnya, terdapat tiga pasangan ganda campuran yaitu Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Sementara itu, tidak ada wakil Indonesia di sektor ganda putri menyusul absennya Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Malaysia Open 2024.

Baca juga: Apri/Fadia absen di Malaysia dan India untuk pemulihan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *