Lilik Sudarwati soroti penguasaan keterampilan mental buat atlet

Jakarta (ANTARA) – Koordinator Tim Psikolog Ad Hoc Bulu Tangkis Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Dr. Lilik Sudarwati, menyoroti pentingnya penguasaan keterampilan mental bagi atlet-atlet yang khususnya ditargetkan untuk mengikuti pesta olahraga tertinggi tersebut.

“Penguasaan keterampilan mental sangat dibutuhkan bagi atlet sekelas Olimpiade untuk dapat tampil optimal. Tim psikologi olahraga hadir untuk membantu atlet memaksimalkan potensi yang mereka miliki dan mendampingi setiap proses yang mereka jalani,” kata Lilik dalam jumpa pers di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Senin.

Lebih lanjut, Lilik, yang juga merupakan mantan pebulu tangkis Indonesia itu menambahkan, penguasaan keterampilan mental juga mengacu pada manajemen atau pengelolaan emosi, mengingat Olimpiade memiliki tekanan yang sangat besar bagi atlet yang mengikutinya.

“Mereka sudah jago, tapi kondisi di Olimpiade sangat dinamis. Atlet masih harus mengejar angka sampai April, baru nanti fokus lagi (persiapan) di Mei dan Juni (sebelum Olimpiade 2024 Paris),” kata Lilik.

Wanita yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Psikologi Olahraga tersebut mengatakan, program psikologi olahraga yang akan dikembangkan di Tim Ad Hoc adalah pelatihan keterampilan mental untuk meningkatkan ketangguhan mental dan pendampingan serta konsultasi psikologi untuk individu maupun pasangan ganda.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya pembentukan lingkungan yang bisa menambah rasa positif bagi atlet.

“Kami berupaya menghadirkan support system bagi atlet dan pelatih dalam menciptakan lingkungan yang sehat, solid, dan sportif yang menunjang pencapaian tujuan di Olimpiade Paris 2024,” ujar Lilik.

Baca juga: PBSI bentuk Tim Ad Hoc untuk fokus perbaiki peringkat menuju Paris

Sementara itu, bulu tangkis kini menyisakan sebanyak 12 turnamen penting yang masuk dalam periode kualifikasi Olimpiade (Race to Paris) yang bergulir hingga 28 April tahun ini.

Sejumlah turnamen penting hingga periode tersebut antara lain Malaysia Open (9-14 Januari), India Open (16-21 Januari), Indonesia Masters (23-28 Januari), French Open (5-10 Maret), dan All England Open (12-17 Maret).

Olimpiade 2024 Paris akan digelar pada 26 Juli-11 Agustus, dengan cabang bulu tangkis dilaksanakan pada periode 27 Juli-5 Agustus di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Prancis.

Baca juga: Tontowi dan Candra Wijaya berbagi pengalaman jelang Olimpiade

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *