Formula E perpanjang inisiatif FIA Girls on Track pada musim 2024

Jakarta (ANTARA) – Ajang balap mobil listrik Formula E dan FIA resmi memperpanjang inisiatif program bertajuk “FIA Girls on Track” pada kompetisi musim depan, yang ditargetkan untuk menggandeng lebih banyak anak perempuan yang akan berpartisipasi.

Dikutip dari keterangan resmi, Selasa, program yang ditujukan untuk anak perempuan berusia 12-18 tahun ini akan diperluas ke seluruh 11 balapan Formula E 2024, atau naik dua kali lipat dibandingkan edisi sebelumnya.

Lebih dari 1.650 anak perempuan akan ambil bagian dalam balapan Formula E di Mexico City, Diriyah, Hyderabad, São Paulo, Tokyo, Misano, Monaco, Berlin, Shanghai, Portland, dan London.

“Kami sangat bersemangat untuk membawa FIA Girls on Track ke tingkat berikutnya dan menetapkan standar bagaimana organisasi olahraga dapat benar-benar mendidik, meningkatkan keterampilan, dan mengintegrasikan pemimpin perempuan generasi berikutnya ke dalam angkatan kerja mereka,” kata VP of Sustainability Formula E Julia Pallé.

Baca juga: Shanghai perdana jadi tuan rumah Formula E pada 2024

Pallé melanjukan, ini merupakan langkah berani dan inovatif untuk memajukan kesetaraan gender dalam hal olahraga balap atau otomotif, hingga akhirnya dapat memengaruhi industri menjadi lebih inklusif.

“Kita seperti olahraga lainnya harus melangkah lebih jauh, lebih cepat, dalam memperjuangkan kesetaraan gender di seluruh dunia,” ujar dia.

Kini di tahun keenamnya, Formula E telah memberikan dampak positif kepada lebih dari 2.500 anak perempuan di 15 balapan, dengan tokoh-tokoh perempuan terkemuka dari berbagai profesi di paddock Formula E yang menyampaikan lokakarya yang inspiratif dan mendidik.

Figur wanita yang hadir di FIA Girls on Track berasal dari seluruh bagian Formula E, termasuk tim, mitra, dan sponsor.

Presentasi disampaikan mengenai topik-topik termasuk penyiaran, kesehatan & keselamatan, teknologi, teknik, mengemudi dan peran media dengan para peserta yang berpartisipasi mendapatkan akses lengkap di belakang layar ke operasional hari perlombaan.

“Komisi Wanita dalam Motorsport FIA berkomitmen kuat untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam olahraga motor di semua tingkatan dan domain. Oleh karena itu, FIA Girls on Track menawarkan platform yang sempurna untuk memperkenalkan gadis-gadis muda dan perempuan ke motorsport dan semua peluang karier yang banyak dan beragam yang dihadirkannya,” jelas Presiden Komisi Wanita Motorsport FIA Deborah Mayer.

Baca juga: Jakarta tidak masuk dalam kalender Formula E karena Pemilu 2024

Baca juga: Formula E musim sembilan pecahkan rekor pertumbuhan penggemar

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *