Fajar/Rian dan Bagas/Fikri bertemu di hari pertama World Tour Finals

Jakarta (ANTARA) – Dua pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akan bertemu pada hari pertama BWF World Tour Finals (WTF) 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China, Rabu (13/12).

Dikutip dari statistik resmi, Selasa, Fajar/Rian dan Bagas/Fikri akan bertemu di lapangan dua pada pertandingan keempat dalam babak grup (group stage) esok hari.

Di atas kertas, Fajar/Alfian unggul 5-2 atas Bagas/Fikri. Namun, pasangan yang lebih muda ini membukukan kemenangan dari pertemuan terakhir mereka di babak semifinal Denmark Open 2023 dengan skor 21-11, 21-16, 21-12.

Sepanjang tahun ini, kedua pasangan tersebut memiliki rekam jejak yang cukup baik.

Fajar/Rian memenangkan dua titel Turnamen BWF Super 1000, yakni Malaysia Open 2023 dan All England 2023.

Mereka juga merupakan runnerup pada Turnamen BWF Super 500 Korea Open 2023, lalu menjadi semifinalis di tiga Turnamen BWF Super 750 yaitu Denmark Open, Japan Open, dan India Open 2023.

Sementara, Bagas/Fikri adalah finalis di dua Turnamen BWF Super 750 French Open dan Denmark Open 2023, serta finalis di Thailand Open (Super 500) dan Orleans Masters 2023 (Super 300). Selain itu, mereka juga merupakan semifinalis di Thailand Masters 2023 (Super 300).

Baca juga: Pelatih: Konsistensi permainan munculkan laga All Indonesia Final

Di sisi lain, sebelum laga All-Indonesian tersebut, ada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang akan bersua dengan wakil Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Secara statistik, Apri/Fadia dan Matsumoto/Nagahara baru bertemu sekali di Indonesia Open 2022, dengan kemenangan yang dibukukan oleh pasangan Indonesia.

Sementara, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan berhadapan dengan wakil Taiwan Tai Tzu Ying di babak grup ini.

Dalam delapan kali pertemuan, Tai memenangkan semuanya. Dengan kondisi fisik dan kepercayaan diri yang membaik dari Gregoria, masih ada kemungkinan baginya untuk memutus dominasi Tai atas dirinya.

Sektor tunggal putra juga akan menjadi sorotan pada hari pertama BWF World Tour Finals, mengingat Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan unggulan pertama Kodai Naraoka dari Jepang. Sejauh ini, Ginting memenangkan dua laga terakhir kontra Naraoka, meskipun keduanya memiliki kemampuan yang bisa dibilang cukup berimbang.

Pertandingan terakhir dari wakil Indonesia akan diisi oleh Jonatan Christie yang siap bertanding melawan juara dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn dari Thailand.

Jonatan juga unggul 4-3 dari Kunlavut yang baru saja mengklaim gelar juara dunia. Pertemuan terakhir mereka adalah di Japan Open 2023 dengan kemenangan yang diraih Jonatan 21-16, 21-16.

Baca juga: Fajar/Rian dan Bagas/Fikri bertekad lolos bersama dari fase grup

Baca juga: Tim Indonesia siap tampil maksimal pada BWF World Tour Finals

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *