Menpora dukung penyelenggaraan turnamen Nusantara Open 2023

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan dukungan penyelenggaraan turnamen Nusantara Open U-17 2023 yang menjadi ajang pembinaan talenta sepak bola muda.

“Tentunya didukung ya (penyelenggaraan Nusantara Open 2023). Apalagi Bapak Presiden kemarin sudah memerintahkan saya untuk mengajukan tuan rumah Piala Dunia U-17 dan juga U-20,” tegas Menpora Dito dalam keterangan resmi yang diterima pewarta, Selasa.

Nusantara Open U-17 2023 merupakan turnamen yang diprakarsai oleh Akademi Sepak Bola Garudayaksa untuk menjaring pemain bertalenta dan sudah mulai berlangsung sejak tahun 2022 lalu.

Turnamen ini rencananya digelar mulai tanggal 14 sampai 21 Desember mendatang di Kompleks Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Bogor.

Ketua Organizing Committee Nusantara Open Fary Djemi Francis menuturkan, turnamen ini merupakan kali kedua digelar setelah sebelumnya pada 2022 silam. Total ada 16 peserta yang mengikuti turnamen ini, terdiri dari sebelas tim elite pro academy (EPA) dan lima tim akademi.

“Pembukaan turnamen ini akan ditandai dengan pertandingan antara Persib Bandung melawan RANS Nusantara,” kata Fary Djemi Francis.

Nantinya para pemain berbakat yang melalui proses seleksi dengan mekanisme turnamen ini akan berkesempatan untuk dididik dan dikirimkan menuju Aspire Academy Qatar.

Turnamen Nusantara Open 2023 akan berlangsung dengan durasi 2×30 menit. Masing-masing tim dapat mendaftarkan pemain sebanyak 23 pemain ditambah lima ofisial. Kompetisi ini akan menggunakan sistem pergantian pemain sebanyak tiga slot dengan maksimal tujuh pemain.

16 tim yang akan bersaing di Nusantara Open edisi kedua ini di antaranya Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knockout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.

Baca juga: Talenta muda sepak bola 16 akademi berkompetisi di Nusantara Open 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *