Justin Hubner resmi jadi WNI

Jakarta (ANTARA) – Atlet sepak bola asal Belanda Justin Hubner secara resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani prosesi pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan RI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Rabu.

Mengenakan setelan jas, dasi, dan kopiah berwarna hitam, Hubner, beserta sejumlah calon WNI, mengikuti prosesi pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ucap Hubner dalam prosesi yang ditayangkan langsung lewat akun Youtube PSSI tersebut.

Justin melanjutkan “Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas.”

Proses naturalisasi bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu sebelumnya sudah disetujui DPR RI bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Ketiga pemain itu sebelumnya diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Namun demikian,  Rafael dan Ivar lebih dahulu disumpah menjadi WNI seiring batalnya Piala Dunia U-20 2023, kemudian disusul Hubner yang disumpah pada hari ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, naturalisasi atlet perlu dipercepat karena Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah kompetisi mulai Januari 2024.

“Naturalisasi ini juga sebagai upaya menjawab ekspektasi masyarakat terhadap timnas kita yang diharapkan bisa berprestasi di tingkat Asia maupun dunia,” katanya.

Setelah resmi menjadi WNI, Hubner bersama beberapa pemain naturalisasi lain diproyeksikan siap membela Timnas Indonesia pada sejumlah kompetisi yang dihelat pada 2024 mendatang.

Piala Asia 2023 mulai bergulir pada 12 Januari hingga 10 Februari 2023. Timnas Indonesia bersaing di Group D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Sedangkan, ajang Piala Asia U-23 akan berlangsung pada 15 April-3 Mei 2024 di mana Indonesia tergabung di Grup A yang akan bersaing dengan Qatar, Australia, dan Yordania.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *