Girona puncaki klasemen sementara setelah kalahkan Valencia 2-1

Jakarta (ANTARA) – Girona memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol setelah bangkit dari ketinggalan, dan menang 2-1 atas tamunya Valencia di Stadion Montilivi, Girona, Sabtu.

Klub berjuluk Blanquivermells itu berhasil mengumpulkan 38 poin dari 15 pertandingan, dan unggul tiga poin dari tim peringkat kedua Real Madrid yang baru memainkan 14 pertandingan. Sedangkan Valencia tertahan di posisi ke-10 dengan 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Setelah kehilangan dua poin saat ditahan imbang oleh Athletic Bilbao pada Senin (27/11), Girona terlihat akan menelan kekalahan keduanya musim ini.

Penyerang Artem Dovbyk menyia-nyiakan peluang terbaik Girona pada menit pertama, saat kiper Giorgi Mamardashvili mampu menepis sepakan Dovbyk setelah ia bergerak memotong dari sisi kanan.

Saat Yangel Herrera keluar lapangan karena cedera dan digantikan oleh Pablo Torre, permainan Girona justru memburuk.

Valencia yang dikomandoi oleh pelatih Ruben Bareja menutup rapat gempuran tuan rumah yang biasanya sangat produktif, dan membatasi peluang-peluang.

Dovbyk juga membuang peluang bagus lainnya sebelum turun minum, ketika penyerang Ukraina tersebut mencoba mengecoh kiper Mamardashvili, yang sekali lagi dapat menggagalkan peluangnya.

Kiper asal Georgia itu melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan upaya pengatur permainan Girona, Aleix Garcia, pada menit ke-54, dan Valencia dengan cepat mengemas gol pemecah kebuntuan.

Hugo Duro memotong bola di lapangan tengah, bergerak memasuki ruang kosong di depannya, dan mencetak gol cantik melalui sepakan tanpa dapat dihalau kiper Paulo Gazzaniga.

Baraja memasukkan lebih banyak pemain bertahan dari bangku cadangan untuk semakin membuat frustasi Girona. Dimitri Foulquier ditugaskan untuk mengawal pemain sayap Savinho.

Pemain pengganti Cristhian Stuani semestinya dapat menyamakan kedudukan, tetapi sundulannya justru mengarah ke kiper Mamardashvili setelah mendapat umpan dari Viktor Tsygankov. Meski demikian ia segera menebus kesalahannya.

Pemain pengganti Yan Couto mengirimkan umpan silang lagi ke area yang sama satu menit kemudian, dan Stuani kali ini mampu mengonversinya menjadi gol penyama kedudukan dari jarak dekat pada menit ke-82.

Pada menit ke-88, bek pinjaman dari Manchester Couto kemudian mengirimkan umpan silang lain ke arah Stuani, yang dengan cepat disambarnya meski mendapat kawalan ketat dari Yerson Mosquera. 2-1 untuk Girona.

Girona bahkan sempat mencetak gol ketiga menjelang laga usai melalui tembakan Savinho, tetapi wasit tidak mengesahkannya karena offside yang dilakukan oleh Cristian Portu.

Baca juga: Dwigol Rodrygo bantu Real Madrid menang 3-0 di kandang Cadiz

Baca juga: Frenkie de Jong kembali perkuat Barca ketika hadapi Rayo Vallecano

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *