Toprak nantikan uji coba di Jerez bersama BMW untuk WSBK 2024

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Toprak Razgatlioglu menantikan uji coba motor selanjutnya bersama tim barunya untuk World Superbike (WSBK) 2024, ROKiT BMW Motorrad, di Sirkuit Jerez, Spanyol, setelah sebelumnya melakoni uji coba di Portimao, Portugal.

“Saya menikmati jalannya tes walaupun tidak melakukan banyak putaran. Setelah empat tahun di tim biru (Yamaha), saya sudah mulai beradaptasi karena motor baru sangat berbeda,” kata Toprak, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Selasa.

“Sejauh ini, perasaan saya di atas motor sangat positif. Tapi kami memerlukan lebih banyak putaran dengan motor ini untuk pengaturan yang tepat karena kami memiliki banyak suku cadang. Saya berharap kondisi (lintasan) kering di Jerez untuk mencobanya,” ujarnya menambahkan.

Adapun BMW adalah pabrikan ketiga yang ditunggangi oleh sang pembalap Turki, setelah melakukan debutnya bersama Kawasaki Puccetti Racing, sebelum beralih ke skuad Pata Yamaha Prometeon dari 2020 hingga 2023 dan mengklaim gelar juara dunia pada 2021. Kini, Toprak berada di atas BMW M 1000 RR untuk mengarungi WSBK musim 2024.

“Perbedaan terbesar adalah rem mesinnya yang luar biasa dan motornya sangat cepat di jalan lurus. Ini bagus karena ini pertama kalinya saya merasakan power seperti ini. Saya sangat senang dengan hal ini,” ungkap Toprak.

Meski demikian, ia mengaku masih terlalu dini untuk menjadi sangat optimistis untuk musim mendatang, mengingat masih banyak hal yang harus ia pelajari dari motor pabrikan Jerman tersebut.

Pengembangan dan perbaikan beberapa masalah di motor pun akan diberikan oleh tim setelah ia memberikan evaluasi dan pendapat dari beberapa sesi uji coba yang ia lakukan.

Baca juga: Toprak sebut uji coba motor perdana bersama BMW berjalan positif

“Saya perlu lebih banyak putaran. Saya mencoba yang terbaik dan menjelaskan beberapa masalah di motornya. Kami segera melakukan perbaikan. Saya butuh lebih banyak waktu,” kata pembalap berusia 27 tahun itu.

Di Jerez, Toprak mengatakan ingin menemukan beberapa potensi peningkatan agar bisa mempersiapkan diri dengan matang bersama tim dan tampil kompetitif tahun depan.

“Kami sudah dekat (dengan target pribadi untuk kompetitif musim depan). Itu saja yang ingin saya katakan. Kami siap untuk datang dengan kuat,” ujarnya.

Sementara itu, WSBK musim 2024 akan dibuka di di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 23-25 Februari 2024, dan digelar bersamaan dengan kelas balap World Supersports (WSSP).

Baca juga: Kolaborasi dengan Motul, “riders” HRC optimistis hadapi musim depan

Baca juga: Pedrosa yakin Iannone masih bisa tampil kompetitif di WSBK

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *