PB ESI: Liga Esports Nasional bukti pengembangan ekosistem esports

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Frengky Ong mengungkapkan turnamen Liga Esports Nasional 2023 menjadi bukti nyata pengembangan ekosistem esports.

“Liga Esports Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh PB ESI bersama Garudaku sebagai mitra pelaksana menjadi bukti nyata misi kami dalam pengembangan ekosistem esports dan memberikan peluang bagi talenta-talenta berbakat dari seluruh pelosok negeri,’ kata Frengky Ong dalam keterangan resmi, Senin.

Liga Esports Nasional sendiri adalah liga terbuka yang menjaring talenta-talenta muda di seluruh penjuru Indonesia dengan mempertandingkan nomor lomba Mobile Legends: Bang Bang.

“Kami berharap, Liga Esports Nasional tahun 2024 dapat menciptakan panggung yang lebih besar dengan melibatkan lebih banyak atlet dan tim serta lebih banyak menyajikan lebih banyak nomor gim, dengan memberikan tempat sejajar untuk gim-gim lokal,” kata Frengky Ong.

Pada tahun 2024 Liga Esports Nasional akan kembali hadir dengan semangat, harapan, dan wajah baru, rencananya 5 kota besar di Indonesia di antaranya akan berlangsung di Medan, Padang, Yogyakarta, Samarinda, Manado.

Baca juga: Pajajaran Esports Bogor sabet gelar juara Liga 1 Esports Nasional 2023

Pada musim pertama Liga Esports Nasional 2023, Pajajaran Esports Bogor menjadi juara setelah menaklukkan Borneo FC Esports dengan skor 3-1 di babak grand final. Sementara di posisi ketiga ditempati oleh Team Gryffin Badung. Team Gryffin Badung harus mengakui keperkasaan Borneo FC Esports dalam pertandingan lower bracket final dengan skor 3-0.

Liga 1 Esports Nasional 2023 merupakan turnamen edisi pertama yang dirintis oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp2 miliar.

“Kami mengucapkan selamat kepada Pajajaran Esports Bogor yang berhasil meraih gelar prestisius di panggung esports nasional. Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada tim-tim Liga 1 Esports Nasional 2023 yang telah memberikan penampilan mengagumkan selama berkompetisi,” ucap Frengky.

Sebagai juara pertama Liga 1 Esports Nasional 2023, Pajajaran Esports Bogor meraih total hadiah juara sebesar Rp380 juta dan hadiah babak play-off sebesar Rp225 juta. Lalu Borneo FC Esports yang berstatus sebagai runner-up, mendapatkan total hadiah babak play-off sebesar Rp100 juta. Sedangkan Team Gryffin Badung yang berada di peringkat ketiga mengantongi total hadiah babak play-off sebesar Rp75 juta.

Baca juga: PB ESI berharap Liga Esports Nasional jadi pengembangan atlet muda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *