5 Pelajaran dari Kemenangan 4-0 Liverpool atas LASK: Kemenangan Besar yang Tinggalkan Banyak PR

Bola.net – Liverpool sukses menghajar LASK dengan skor telak 4-0 dalam laga matchday 5 Liga Europa 2023/2024 yang digelar di Anfield, Jumat (1/12/2023) dini hari WIB.

Cody Gakpo menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan memborong dua gol. Sementara itu, dua gol lainnya masing-masing diciptakan oleh sundulan Luiz Diaz dan eksekusi penalti Mohamed Salah.

Berkat kemenangan meyakinkan ini, Liverpool pun memastikan kelolosan ke babak knock out. Sementara itu, LASK terpuruk di dasar klasemen Grup E, tetapi masih berpeluang untuk finis di peringkat tiga.

Sejumlah pelajaran bisa diambil dari laga ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Caoimhin Kelleher Belum Dapat Ujian Berarti

Caoimhin Kelleher Belum Dapat Ujian Berarti

Kiper Liverpool Caoimhin Kelleher. (c) AP Photo

Cedera yang dialami Alisson Becker memaksa Jurgen Klopp untuk menurunkan kiper lapis kedua, Caoimhin Kelleher. Masalahnya, cedera Alisson sepertinya cukup lama dan Kelleher harus mengisi posisi dalam laga-laga krusial ke depan.

Menghadapi LASK, Kelleher tak banyak mendapat ujian berarti, terutama di babak pertama. Meski demikian, ia beberapa kali melakukan penyelamatan krusial di babak kedua.

Ujian sesungguhnya bagi Kelleher bakal terjadi dalam laga lanjutan Liga Inggris akhir pekan ini, ketika Liverpool menjamu Fulham.

2 dari 6 halaman

Pertahanan yang Masih Mengkhawatirkan

Pertahanan yang Masih Mengkhawatirkan

Wataru Endo (c) AP Photo/Jon Super

Terlepas dari jarangnya Kelleher beraksi, bukan berarti LASK tak menghadirkan ancaman bagi pertahanan Liverpool. Tim tamu beberapa kali mendapat peluang berbahaya, terutama di babak kedua.

Bahkan, LASK tercatat menciptakan dua peluang emas lewat aksi Moses Usor dan Marin Ljubicic. Beruntung bagi tuan rumah, penyelesaian akhir mereka masih mengecewakan.

Pada laga ini, lini belakang Liverpool diisi oleh kuartet Joe Gomez, Ibrahima Konate, Jarell Quansah, dan Kostas Tsimikas. Mereka beberapa kali dibuat kewalahan oleh tim lawan.

Kekhawatiran juga muncul dari sosok Wataru Endo yang berperan sebagai gelandang bertahan. Kapten Timnas Jepang itu kerap kesulitan untuk mengontrol tempo permainan.

3 dari 6 halaman

Kembalinya Luis Diaz

Kembalinya Luis Diaz

Selebrasi Cody Gakpo dan Luis Diaz dalam laga Liverpool vs LASK di Liga Europa 2023/2024, Jumat (1/12/2023) dini hari WIB. (c) AP Photo/Jon Super

Luis Diaz sempat mengawali musim ini dengan gemilang. Sayang, penampilannya kemudian perlahan menurun sampai muncul kabar bahwa kedua orang tuanya di Kolombia menjadi korban penculikan.

Pada momen tersebut Diaz bisa dibilang gagal mencurahkan konsentrasinya secara penuh untuk Liverpool. Diaz pun akhir kerap tersingkir dari starting XI utama pilihan Klopp.

Kini setelah ayah dan ibunya kembali dan Diaz bermain bagus bagi Timnas Kolombia, Klopp memberi Diaz kesempatan menjadi starter. Kepercayaan itu dibayar tuntas oleh Diaz dengan mencetak gol pembuka dalam laga melawan LASK.

4 dari 6 halaman

200 Gol Mohamed Salah Belum Terwujud

200 Gol Mohamed Salah Belum Terwujud

Aksi Mohamed Salah (c) AP Photo/Jon Super

Sebelum laga ini digelar, Mohamed Salah hanya membutuhkan tambahan dua gol untuk menggenapi milestone dirinya bersama Liverpool. Ya, dua gol lagi dari Salah bakal membuatnya mencetak 200 gol selama berseragam The Reds.

Sayang, Salah gagal mewujudkan milestone tersebut, setidaknya hingga saat ini. Pasalnya, bintang asal Mesir itu hanya mampu mencetak satu gol lewat eksekusi penalti di babak kedua.

Salah bisa jadi akan mewujudkan milestone bersejarahnya ketika Liverpool menjamu Fulham di Anfield pada akhir pekan ini.

5 dari 6 halaman

Liverpool Sukses Hindari Play Off

Liverpool Sukses Hindari Play Off

Selebrasi skuad Liverpool untuk gol Cody Gakpo ke gawang LASK, Liga Europa 2023/2024 (c) AP Photo/Jon Super

Kemenangan atas LASK membuat Liverpool dipastikan lolos ke fase knock out Liga Europa dengan status sebagai juara Grup E. Keberhasilan ini juga dibantu oleh hasil imbang 0-0 di laga lain antara Toulouse vs Union SG.

Kesuksesan ini tentu sangat disyukuri oleh Liverpool. Pasalnya, mereka dipastikan tak lolos sebagai runner-up yang berarti terhindar dari laga play off melawan tim buangan dari Liga Champions.

Perbedaan lolos sebagai juara grup dan runner-up sangat signifikan. Perbedaan jarak antara laga play off dengan laga 16 besar cukup jauh, yakni kurang lebih satu bulan. Artinya, Liverpool bisa beristirahat lebih lama dan berkonsentrasi ke kompetisi domestik.

6 dari 6 halaman

Hasil Matchday 5 Liga Europa 2023/2024

Hasil Matchday 5 Liga Europa 2023/2024

Bintang Liverpool, Cody Gakpo (c) AP Photo/Rui Vieira

Jumat, 1 Desember 2023

Sparta Praha 1-0 Real Betis
AEK Athens 0-2 Brighton
Atalanta 1-1 Sporting
Backa Topola 0-1 West Ham
Freiburg 5-0 Olympiakos
Sturm Graz 0-1 Rakow
Maccabi Haifa 0-3 Rennes
Toulouse 0-0 Union SG
Marseille 4-3 Ajax
Liverpool 4-0 LASK
Molde 2-2 Qarabag
Hacken 0-2 Leverkusen
Villarreal 3-2 Panathinaikos
Servette 1-1 AS Roma
Sheriff 2-3 Slavia Praha
Rangers 1-1 Aris Limassol.

Sumber: The Mirror

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *