Bali United libas wakil Filipina 5-2 di Piala AFC

Gianyar, Bali (ANTARA) – Bali United melibas wakil Filipina Stallion Laguna FC dengan skor 5-2 pada pertandingan kelima fase Grup G Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu.

Dengan kemenangan tim tuan rumah itu, Bali United mengoleksi tujuh poin dan berada di peringkat ketiga klasemen sementara fase Grup G Piala AFC 2023/2024.

Sedangkan Stallion Laguna berada di posisi buncit dari empat tim dengan mengantongi satu poin.

Bali United tampil menyerang secara bertubi-tubi sejak wasit asal India, Pranjal, yang mengawal duel kedua tim itu meniup pluit tanda dimulainya laga pada pukul 20.00 WITA.

Setidaknya selama 15 menit awal pertandingan berlangsung pada babak pertama, ada lebih dari lima peluang gol di antaranya dari Rahmat Arjuna, dan Ilija Spasojevic, namun gagal tereksekusi.

Meski begitu, skuad tuan rumah terus merangsek hingga akhirnya pada menit ke-24, bek Bali United Andhika Wijaya melesatkan bola ke gawang lawan melalui sisi kanan, setelah memanfaatkan umpan dari Eber Bessa.

Baca juga: Bali United kantongi motivasi tinggi tundukkan tim Filipina di AFC

Tim dengan julukan Serdadu Tridatu itu unggul sementara dengan skor 1-0, di tengah hujan yang mengguyur kawasan Stadion Dipta di Kabupaten Gianyar dan sekitarnya.

Tak berselang lama yakni 10 menit setelah gol pertama, penggawa yang diasuh Stefano Cugurra itu kembali mencetak gol kedua melalui tendangan tajam Muhammad Rashid pada menit ke-34.

Sepakan tepat di depan gawang lawan itu tak bisa diantisipasi kiper Stallion Laguna, Hayeson Pepito, sehingga Bali United unggul 2-0.

Mendekati menit terakhir pada babak pertama termasuk tambahan waktu tiga menit, tim tamu dari Provinsi Laguna, Filipina, itu mencoba melawan di tengah dominasi penguasaan bola tim tuan rumah.

Namun, serangan balik dan pertahanan dari tim tuan rumah membuat tim tamu dengan julukan The Stallion itu belum bisa mencuri poin.

Hingga kedua tim turun minum, Bali United unggul sementara 2-0.

Sementara itu, memasuki babak kedua, Bali United kembali mengukir gol ketiga melalui kaki Elias Dolah pada menit ke-51 dan gol keempat melalui tendangan melengkung yang dicetak oleh Eber Bessa pada menit ke-65.

Jengah dengan ketertinggalan 4-0, pemain Stallion Laguna melawan dengan berupaya menyerang balik dan menguasai bola.

Upaya keras tim asuhan pelatih Ernest Nierras itu akhirnya berhasil memperkecil celah skor pada menit ke-69 melalui tendangan Jayvee Kallukaran sehingga membuat kedudukan menjadi 4-1.

Baca juga: Bali United genjot tiga latihan jelang lanjutan Piala AFC dan Liga 1

Jayvee masuk ke lapangan setelah menggantikan Shirmar Felongco pada babak kedua.

Gol tim tamu bersarang di gawang Bali United itu terjadi justru setelah pertama kalinya kiper Bali United Adilson Maringga ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Muhammad Ridho yang selama ini duduk di kursi cadangan.

Tak berselang lama, gol kedua dari Stallion kembali terjadi pada menit ke-76 melalui tendangan Griffin McDaniel yang tak bisa diantisipasi kiper tuan rumah.

The Stallion memperkecil skor sehingga kedudukan sementara menjadi 4-2.

Tim tuan rumah kembali bangkit dan terus melakukan serangan hingga akhirnya Jefferson Assis mencetak gol kelima untuk Bali United pada menit ke-86.

Jefferson yang masuk ke lapangan menggantikan Ilija Spasojevic pada menit ke-80 itu, dengan mudah melesatkan bola ke gawang setelah terjadi kekosongan di depan gawang lawan.

Hingga tambahan waktu babak kedua lima menit selesai, Bali United menutup pertandingan malam itu dengan skor 5-2.

Bali United dijadwalkan menghadapi Terengganu pada 13 Desember 2023 di Malaysia pada laga keenam atau laga terakhir untuk fase Grup G Piala AFC 2023/2024.

Susunan pemain Bali United: Adilson Maringga, Ardi Idrus, Elias Dolah, Ilija Spasojevic, Eber Bessa, Ricky Fajrin, Andhika Wijaya, Irfan Jaya, Rahmat Arjuna, Jajang Mulyana, dan Mohammad Rashid.

Pelatih Kepala: Stefano Cugurra

Stallion Laguna FC: Hayeson Pepito, Matthew Nierras, Griffin McDaniel, Cristian Ivanobski, Juan Diego Trujillo, Kraig Bonanken, Kenneth Pryde, Shirmar Felongco, Abraham Placito, Miguel Antonio Mendoza, dan Yuya Nomura.

Pelatih Kepala: Ernest Thomas Victoria Nierras

Baca juga: Wakil Filipina puji Bali United sebagai tim besar di fase grup AFC

Baca juga: PSM Makassar susun taktik beda hadapi wakil Vietnam

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *