Binder sebut KTM fokus pada pengembangan pengaturan motor 2024

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Red Bull KTM Brad Binder mengatakan tim tengah fokus pada pengembangan pengaturan motor mereka, termasuk pada mesin, knalpot, hingga aerodinamika agar lebih siap dan maksimal untuk mengarungi MotoGP musim 2024.

“Kami mencoba beberapa hal berbeda dengan aerodinamika dan beberapa knalpot. Kami tidak memiliki sesuatu yang besar atau radikal, namun kami belajar banyak tentang apa yang kami gunakan, dan itu adalah hal yang paling penting,” kata Binder, dikutip dari keterangan resmi KTM, Rabu.

Lebih lanjut, Binder yang berhasil finis P2 pada uji coba di Valencia, Selasa (28/11) itu pun mengatakan motor RC16 sudah tampil cukup baik.

Namun, tetap masih diperlukan pengembangan lebih lanjut dari sisi kelistrikan dan pengaturan teknis lainnya, yang nantinya akan mereka jajal di uji coba kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 6-8 Februari 2024.

“Kami bermain dengan beberapa perangkat elektronik untuk mencoba dan menempatkan motor lebih mantap, tapi masih ada ruang buat kami untuk bekerja lebih jauh. Semuanya merupakan titik awal menuju tes berikutnya di Malaysia,” ujar pembalap asal Afrika Selatan itu.

Baca juga: Marquez terlihat nyaman di atas motor Ducati pada tes Valencia

Baca juga: Quartararo dan Rins soroti langkah Yamaha perbarui aerodinamika motor

Di sisi lain, rekan satu timnya, Jack Miller, mengatakan tim sudah memiliki arah yang jelas tentang hal-hal apa saja yang ingin mereka kembangkan.

“Kami sudah memiliki arah yang jelas tentang apa yang ingin kami tingkatkan. Kami bekerja keras untuk membuat rentang tenaga yang lebih luas, kami mencoba beberapa aero, dan juga cengkraman (grip),” ungkap Miller.

Manajer Tim Balap KTM Francesco Guidotti menambahkan, sesi uji coba pertama di Valencia penting karena ini merupakan langkah awal bagi tim untuk mengumpulkan lebih banyak data terkait hal-hal apa saja yang perlu menjadi sorotan.

“Kami perlu mengerjakan sedikit detail dan pembalap perlu memahami bagaimana dan di mana menggunakan potensi tersebut. Kami mencari peluang kecil di sisi elektronik, aerodinamika, dan lainnya. Ada banyak area yang masih bisa kami kerjakan,” jelas Guidotti.

Sependapat, Manajer Teknis Tim Balap KTM Sebastian Risse mengatakan, tim dan pembalap telah melakukan pekerjaan yang baik dalam mengeksplorasi beberapa arah untuk aerodinamika menyusul homologasi tahun depan.

“Ini merupakan beban kerja yang sangat tinggi dalam beberapa minggu terakhir dan tim bekerja dengan baik. Saya bangga akan hal itu dan saya pikir kami bisa menantikan musim yang sangat bagus tahun depan,” ujarnya.

Baca juga: Di Giannantonio nikmati pengalaman pertama bersama VR46

Baca juga: Bagnaia yakin bisa maksimalkan potensi motor baru di MotoGP 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *