Pelatih esports tekankan pentingnya menempa mentalitas gamers

Jakarta (ANTARA) – Pelatih esports dalam event EVOS Fams Cup (EFC) Pro Series Tezet menekankan pentingnya menempa mentalitas para gamers untuk menjadi pemain profesional.

“Banyak hal yang mempengaruhi gamers bisa menjadi pemain profesional terutama mentalitas yang harus terus ditempa agar menjadi gamers bermental juara,” kata Tezet dalam acara peluncuran event EFC Pro Series Season 2 di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, menciptakan talenta muda esport yang profesional tidak hanya berkaitan dengan keahlian atau aspek dalam game namun juga terkait mentalitas pemain yang mencakup hal-hal seperti kerja sama, kedisiplinan, kemampuan interaksi komunikasi, dan lainnya.

Pemain esports profesional, kata dia, juga harus bisa siap untuk menghadapi berbagai tanggapan atau reaksi warga ataupun netizen di media sosial terhadap hasil yang dicapai dalam sebuah kompetisi.

“Jadi menjadi profesional esports itu bukan hanya soal skill memainkan jari tangan tetapi aspek di luar itu juga sangat menentukan terutama mental,” ujar Tezet.

Aspek mentalitas ini, kata dia, yang menjadi fokus utama pembinaan dalam EFC Pro Series Season 2 yang diselenggarakan oleh organisasi esports profesional EVOS Esports bekerja sama dengan AXIS yang diikuti sebanyak 18 orang pemain dari berbagai daerah di Tanah Air.

Selama pelaksanaan acara yang berlangsung selama 14 hari itu, para pemain dinilai dan dipandu dari berbagai hal selain cara mereka bermain game, seperti cara berbaur, kedisiplinan, kepedulian terhadap kesehatan dan lainnya.

Tezet menambahkan, bermain game sebagai pemain profesional bukan hal yang mudah karena membutuhkan pengorbanan untuk terus menjaga motivasi termasuk juga kesehatan agar selalu tampil prima dan bisa mempersembahkan hasil yang terbaik.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *