Pedrosa yakin Iannone masih bisa tampil kompetitif di WSBK

Jakarta (ANTARA) – Legenda MotoGP Dani Pedrosa mengatakan dirinya cukup yakin bahwa Andrea Iannone masih bisa tampil kompetitif sebagai pembalap motor di kelas World Superbike (WSBK) tahun depan.

“Saya pikir dia punya kemampuan dan kecepatan untuk berada di barisan terdepan, berjuang demi kemenangan,” kata Pedrosa, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Selasa.

Pedrosa dan Iannone pernah bersaing di kelas MotoGP dari tahun 2013 hingga 2018. Iannone merupakan salah satu rival yang Pedrosa kenal memiliki jiwa kompetisi yang tinggi dan agresif.

“Ini adalah peluang bagus untuknya kembali balapan. Namun, untuk jangka panjang, saya tidak tahu apakah ia bisa siap bertarung memperebutkan gelar juara dunia, karena ia sudah lama absen,” ujar juara dunia tiga kali itu.

Baca juga: Pedrosa ungkap sengitnya persaingan dengan Bagnaia di San Marino

Di sisi lain, Iannone resmi bergabung dengan Team GoEleven untuk berkompetisi pada World Superbike (WSBK) 2024 dengan menunggangi Ducati Panigale V4 R.

Pembalap Italia yang terkenal dengan julukan “The Maniac” itu akan kembali beraksi setelah absen selama empat tahun, menyusul penalti larangan membalap yang dikeluarkan pada 2020, setelah kedapatan positif menggunakan doping.

Sebelum bandingnya ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan Badan Anti Doping Dunia (WADA), Federasi Balap Motor Internasional (FIM) juga telah menjatuhkan suspensi 18 bulan kepada sang pembalap Italia karena positif menggunakan steroid Drostanolone di Grand Prix Malaysia pada 2019.

Bicara mengenai persaingan di WSBK tahun depan, Pedrosa mengatakan banyak pembalap yang memiliki kesempatan untuk memperebutkan gelar juara. Pembalap pabrikan Ducati, Alvaro Bautista, tentu menjadi salah satu nama yang terus dipertimbangkan.

Selain itu, ada Jonathan Rea yang baru saja pindah ke tim pabrikan Yamaha untuk musim mendatang. Pedrosa mengaku ia ingin melihat bagaimana penampilan Rea yang merupakan juara dunia enam kali itu di atas motor baru.

“Saya pikir sekarang ini adalah perubahan yang akan memotivasi dia untuk memulai kembali dan mencoba berhadapan langsung dengan Bautista,” kata Pedrosa.

“Sejauh ini Toprak (Razgatlioglu) sangat kuat dengan motor tersebut, sehingga kini Jonathan punya peluang lagi untuk bertarung memperebutkan gelar juara,” ujarnya menambahkan.

Bicara soal Razgatlioglu, Pedrosa mengatakan ia juga menantikan bagaimana adaptasinya dengan tim BMW untuk tahun 2024, mengingat ia sangat kuat saat bersama tim Yamaha.

“Toprak selalu sangat menyenangkan untuk ditonton! Dia spektakuler dan dia memiliki beberapa gerakan yang sangat agresif saat berbelok. Kita lihat bagaimana performanya bersama BMW,” kata Pedrosa.

Sementara itu, WSBK musim 2024 akan dibuka di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 23-25 Februari.

Baca juga: WSBK sambut Sirkuit Cremona di kalender musim 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *