Sean menangi semua special stage hari terakhir APRC Grand Finale

Jakarta (ANTARA) – Sean Gelael memenangi semua special stage (SS) pada leg kedua atau hari terakhir APRC (Asia Pacific Rally Championship) Danau Toba Rally 2023 Grand Finale, pada Minggu.

Pereli Indonesia yang mengendarai Hyundai i20 N Rally2 itu bermitra dengan Hugo Magalhaes. Sean/Hugo memulai hari dengan berada di posisi ke-16 klasemen sementara, karena pada leg pertama mengalami insiden tabrakan di SS2 di Tobasari. Setelah insiden itu, Sean tidak mengikuti lima SS karena dikenai penalti 50 menit lebih.

Namun Sean mampu bangkit pada hari kedua. Diawali SS8 di Negeri Dolok Reverse, kemudian SS9 di Tobasari, dilanjutkan SS10 di Gorbus, SS11 di Huta Tonga, dan terakhir SS12 kembali ke Negeri Dolok Reverse, Sean/Hugo selalu menjadi yang tercepat.

Dari kelima SS tersebut, Sean memimpin 1 menit 43,1 detik atas Rifat Sungkar. Meski demikian posisi Rifat di puncak tidak tergoyahkan karena selisih poin cukup besar akibat penalti yang didapat Sean. Rifat pun menjadi

Baca juga: Sean Gelael dominasi hari pertama Danau Toba Reli 2023

“Saya tergelincir dan mohon maaf kalau ketika recovery terpaksa memangkas daun-daun teh di perkebunan,” kata Sean terkait upayanya saat terperosok di SS9 Tobasari, dalam pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

Setelah itu Sean terus merangsek naik, dari tadinya di posisi ke-16 menjadi ketujuh.

“Kami memang merasa sangat cepat hari ini. Saya sangat senang melihat begitu banyaknya penonton di setiap SS. Selamat untuk para pemenang dan tak boleh patah semangat untuk mereka yang gagal di reli sulit ini. Semangat terus!” ujar Sean lagi.

Baca juga: Persaingan Ricardo menghadapi Sean semakin panaskan Danau Toba Rally

Penampilan bagus Sean tidak dialami tiga pasangan tim Jagonya Ayam Motorsport lainnya. Ricardo Gelael/Gabriel Morales memilih tidak melanjutkan Leg 2, sementara Subhan Aksa/Mago Sarwono mengalami masalah teknis saat menuju ke Tobasari, dan terakhir Rudy Setia Laksmana/Adi Wibowo tersendat di SS8 Negeri Dolok Reverse.

Rifat Sungkar memenangi APRC Grand Finale ini sekaligus menjadi juara umum Reli Asia Pasifik, sementara H. Rahmat yang dua kali berada di posisi dua, meraih trofi Asia Rally Cup.

Rahmat juga berhak atas juara nasional reli 2023. Sedangkan pereli Selandia Baru, Hayden Paddon sudah lebih dahulu menggenggam trofi Pacific Rally Cup.

Setelah mengikuti APRC Grand Finale, menurut rencana Sean akan tampil di Asian Le Mans Series putaran pertama di Sepang, Malaysia, pada 2-3 Desember 2023.

Baca juga: Ricardo Gelael tampil gemilang dan sukses ke podium Reli Danau Toba

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *