Xavi: Kemenangan di El Clasico akan naikkan moral Barcelona

Jakarta (ANTARA) – Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez mengincar poin penuh pada laga El Clasico melawan Real Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol 2023/2024 di Stadion Olimpiade Lluis Companys, Sabtu pukul 21.15 WIB.

Kemenangan nanti, kata Xavi, akan menaikkan moral Barcelona karena akan membawa timnya menyalip armada Carlo Ancelotti itu di papan klasemen sementara karena kini hanya terpaut satu poin.

“Memenangkan pertandingan ini akan menjadi dorongan besar bagi kepercayaan diri kami karena ini akan membawa kami unggul dari mereka di klasemen,” ucap Xavi, dilansir dari laman resmi klub, Sabtu.

Pada laga nanti, Xavi meminta anak-anak asuhnya untuk mewaspadai lini serang El Real yang tajam, yang dikomandoi oleh Jude Bellingham, Vinicius Junior, dan Rodrygo.

Namun, meski demikian, pelatih sekaligus legenda klub itu menegaskan tidak akan bermain bertahan dan tetap memainkan identitas Blaugrana dengan permainan menyerang.

“Kami harus berhati-hati melawan lini depan mereka yang kuat, tapi saya tidak akan pernah mengubah sistem atau gaya permainan kami. Kami akan keluar dan menyerang dan mengambil risiko yang berani,” kata Xavi.

Barca masih tidak bisa diperkuat oleh Pedri, Jules Kounde, dan Sergu Roberto yang masih menepi karena cedera. Kabar baiknya, Robert Lewandowski, Frenkie de Jong, Raphinha, dan Joao Felix yang menderita cedera ringan saat melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions berpotensi dapat ambil bagian pada El Clasico edisi ke-255 tersebut.

Terkait head to head, dari 10 pertemuan terakhir, Barca memenangkan empat laga dan enam laga di antaranya dimenangkan oleh tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.

“Seperti biasa, tidak ada favorit di laga Clasico, ini benar-benar tidak dapat diprediksi. Kedua belah pihak mempunyai peluang 50% untuk menang,” ujar Xavi.

Baca juga: Girona ke puncak klasemen La Liga seusai menang tipis atas Celta Vigo

Baca juga: Xavi Hernandez: Saya sangat menyukai Marc Guiu

Baca juga: Barcelona amankan kemenangan tipis 1-0 atas Athletic Bilbao

Baca juga: Ancelotti harap Madrid lanjutkan tren positif saat bertemu Sevilla

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *