Atasi tekanan, Binder puas finis lima besar di MotoGP Qatar

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Red Bull KTM Brad Binder mengaku puas bisa finis di lima besar MotoGP Qatar, Senin WIB, karena balapan utama di Sirkuit Internasional Lusail tersebut merupakan salah satu balapan yang paling menantang baginya.

“Tim saya melakukan pekerjaan yang baik untuk membawa kami ke posisi ini karena akhir pekan ini jauh lebih sulit daripada yang kami perkirakan,” ungkap Binder, dikutip dari keterangan resmi Red Bull KTM.

Binder memulai balapan dari P10 lalu tak membutuhkan waktu lama buatnya memaksimalkan kecepatan dan memperebutkan posisi lima besar. Ia harus bersaing dengan Maverick Vinales (Aprilia Racing), Alex Marquez (Gresini Racing), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) untuk menjadi pembalap tercepat di lima posisi terdepan.

“Secara umum, semua sebenarnya sangat bagus. Mendapatkan posisi kelima dan berjuang untuk memperebutkan podium adalah hal yang sangat positif,” kata Binder.

Pembalap asal Afrika Selatan itu menambahkan merasa kesulitan dengan kondisi ban depan yang ia sebut rusak atau tidak dalam kondisi maksimal setelah melalui 12 lap.

“Dari situ saya hanya mencoba bertahan. Mungkin ini adalah salah satu balapan tersulit yang saya alami dalam hal menghadapi batas (ban),” ujar dia.

Baca juga: Marini: Pemilihan ban yang tepat jadi kunci meraih podium di Qatar

Sementara itu, rekan satu timnya Jack Miller memulai balapan dari P15 dan pada akhirnya finis P9.

“Kecepatan saya lumayan baik dan saya akhirnya melakukan beberapa operan untuk mengungguli kelompok besar yang saya miliki di depan. Saya merasa lebih baik dari kemarin. Akhir yang semi-positif untuk akhir pekan yang sulit,” kata Miller.

Dengan hasil ini, maka Binder dan Miller masing-masing menempati posisi keempat dan ke-11 dalam klasemen sementara musim ini. Sementara, Red Bull KTM kemungkinan menempati posisi keempat dalam klasemen tim dan pabrikan KTM berada di posisi kedua dalam klasemen konstruktor musim 2023.

Sementara itu, putaran ke-20 dan final MotoGP musim ini akan bergulir di Sirkuit Ricardo Tormo Cheste, Valencia, pada 24-26 November.

“Secara keseluruhan, kedua pembalap mampu bersaing dan memberikan perlawanan di Qatar. Kami akan mengumpulkan informasi sebanyak yang kami bisa dari akhir pekan ini dan berangkat ke Valencia,” kata Manajer Tim Red Bull KTM Francesco Guidotti.

Baca juga: Di Giannantonio semakin berambisi setelah raih kemenangan perdana

Baca juga: Martin ungkap penyebab penampilannya tak maksimal di Qatar

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *