Marco Bezzecchi juarai seri perdana MotoGP di India

Jakarta (ANTARA) – Pembalap MotoGP dari tim Mooney VR46 Marco Bezzecchi menjuarai seri perdana MotoGP 2023 di India, tepatnya di Sirkuit Internasional Buddh, Minggu.

Kemenangan ini adalah kemenangan ketiga pembalap 24 tahun itu di MotoGP musim ini setelah seri Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo dan seri Prancis di Sirkuit Le Mans.

“Saya senang, itu balapan yang sulit, sangat panjang, tapi setelah kemarin (sprint race), sayangnya di start saya ditabrak oleh Luca Marini. Hari ini saya ingin membalas dendam (memenangkan balapan) dan untungnya saya memulai dengan lebih baik, saya mampu memimpin lebih awal,” kata Bezzecchi seusai memenangkan MotoGP seri India, dilansir dari MotoGP.

“Saya hanya mencoba untuk fokus, menerapkan ritme saya, saya merasa semuanya dengan motor saya sangat fantastis. Saya sangat menikmati negara ini, trek ini luar biasa, jadi terima kasih banyak,” tambahnya.

Bezzecchi yang memulai balapan dari posisi terdepan tampil tanpa celah sejak awal. Pembalap Italia itu terus memimpin meskipun pada lap keempat hampir disalip Francesco Bagnaia.

Duel sengit justru tersaji untuk perebutan posisi kedua antara Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin pada lap ke-13. Juara bertahan itu berhasil menyalip pembalap asal Spanyol tersebut dan menempati posisi dua.

Namun, petaka dialami Bagnaia satu lap kemudian saat ia terjatuh dan tidak mampu melanjutkan balapan. Posisi kedua pun kembali diambil Martin.

Pertarungan ketat kembali melibatkan Martin yang kali ini berduel dengan Fabio Quartararo untuk merebutkan posisi kedua di lap terakhir.

Quartararo sempat menyalip Martin, tapi pembalap dari tim Prima Pramac itu kembali mengambil posisinya sebelum menyentuh garis finis.

Baca juga: Bezzecchi rebut pole perdana di MotoGP India

Bezzecchi yang tampil tanpa gangguan di posisi pertama menyelesaikan balapan dengan waktu 36 menit 59,157 detik, diikuti Martin dengan selisih 8,649 detik pada posisi kedua dan Quartararo dengan selisih 8.855 detik pada posisi ketiga.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini kepada seorang teman yang sayangnya telah meninggal dunia beberapa hari yang lalu. Jadi, Filippo (fans beratnya), ini untukmu,” kata Bezzecchi.

Bezzecchi mendapatkan 25 poin atas kemenangannya ini dan membuatnya terus menguntit Bagnaia dan Martin di posisi ketiga dengan 248 poin pada klasemen sementara MotoGP musim ini.

Martin yang finis pada posisi kedua mendapat berkah atas terjatuhnya Bagnaia karena selisih poin keduanya di dua posisi teratas semakin dekat. Martin mendapatkan tambahan 20 poin sehingga kini mengoleksi total 279 poin, berjarak 29 poin dari Bagnaia.

Sementara itu, Quartararo yang untuk kedua kalinya naik podium setelah yang pertama pada seri Amerika Serikat, mendapatkan tambahan 16 poin menjadi total 105 poin. Namun, tambahan poin ini belum mampu membuatnya beranjak dari posisi ke-11.

Pada seri selanjutnya, MotoGP seri ke-14 akan dimainkan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang pada 29 September sampai 1 Oktober.

Berikut hasil lengkap MotoGP 2023 seri India:

1. Marco Bezzecchi (Mooney VR46)

2. Jorge Martin (Prima Pramac)

3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

4. Brad Binder (Red Bull KTM)

5. Joan Mir (Repsol Honda)

6. Johan Zarco (Prima Pramac)

7. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)

8. Maverick Vinales (Aprilia)

9. Marc Marquez (Repsol Honda)

10. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF)

11. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

12. Miguel Oliviera (CryptoDATA RNF)

13. Pol Espargaro (GASGAS Factory)

14. Jack Miller (Red Bull KTM)

15. Stefan Bradl (LGC Honda Castrol)

16. Michele Pirro (Ducati Lenovo)

Baca juga: Martin juarai Sprint MotoGP India, Marquez kembali ke podium

Baca juga: Mario Aji dan Furusato nikmati tantangan perdana Moto3 India

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *