Tim Nasional China Ternyata Datangkan Pelatih Fisik & Kebugaran Asal Spanyol

Ligaolahraga.com –

Berita Badminton : Salah satu perkembangan menarik di timnas China dalam beberapa tahun terakhir adalah masuknya keahlian internasional. Wajah yang paling terlihat adalah Kang Kyung Jin, mantan pelatih kepala Korea, yang kini menangani ganda putri China.

Membantu pasangan ganda campuran teratas China Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong adalah Cristian Luque Manjon dari Spanyol.

Pelatih fisik dan kebugaran Manjon bergabung dengan tim lima tahun lalu, bekerja dengan dua pasangan ganda campuran teratas (Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping) dan kemudian Chen Yu Fei menjelang Tokyo Olimpiade. Setelah Tokyo 2020, fokus eksklusif Manjon tertuju pada Zheng/Huang.

Bagaimana seorang Spanyol dengan latar belakang bekerja dengan pemain tenis bisa masuk ke tim bulutangkis terbaik dunia?

Dalam wawancara dua bagian ini, Manjon berbicara tentang pengalamannya dalam dunia bulu tangkis, perbedaan antara bulu tangkis dan tenis, dan pendekatannya dalam bekerja dengan pasangan ganda campuran terbaik dunia.

Bagaimana awal mula hubungan Anda dengan tim bulu tangkis China?

“Saya bekerja di akademi tenis di China. Seseorang yang bekerja dengan saya di akademi mulai bekerja di tim bulutangkis. Pelatih ganda campuran membutuhkan pelatih kekuatan dan pengondisian, dan mereka menghubungi saya. Saya mulai berlatih dengan dua pasangan ganda campuran – Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan juga Chen Yu Fei.

Apa perbedaan utama dalam tenis dan bulu tangkis yang harus Anda sesuaikan?

“Ada perbedaan tentunya karena jarak pergerakannya. Lapangan bulutangkis jauh lebih kecil, intensitasnya lebih tinggi. Dan ada beberapa perbedaan kecil, namun banyak olahraga raket memiliki banyak kesamaan. Tapi bagi saya, karena ini adalah pengalaman pertama saya dengan bulu tangkis, saya perlu melakukan banyak penelitian sebelum mulai bekerja dengan bulutangkis, untuk mempelajari tuntutan fisiologis bulutangkis, dan juga karakteristik dari kategori-kategori yang berbeda. Awalnya saya mulai bekerja dengan ganda campuran. Setelah beberapa saat, saya mulai bekerja dengan Chen Yu Fei hingga Olimpiade, dan kemudian saya harus menganalisis karakteristik berbeda dari berbagai kategori. Tapi saya bisa menggunakan banyak metodologi yang saya gunakan dengan para pemain tenis bersama mereka.”

“Dalam bulutangkis akselerasi lebih penting daripada kecepatan maksimal karena jaraknya terlalu pendek. Karena jarak yang harus ditempuh pemain tenis lebih jauh, maka karakteristik mekanik lari atau karakteristik untuk mengembangkan kecepatan maksimal menjadi lebih penting. Bagi bulutangkis, tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga secepat mungkin, dalam jarak yang lebih pendek.”

Apakah bulu tangkis lebih menantang, mengingat pemain bulu tangkis juga melakukan gerakan di udara dan mundur, sedangkan pemain tenis mana yang tidak?

“Misalnya pada ganda campuran, bagi pemain putri yang terpenting adalah gerakan menyamping. Dan untuk pria berbeda-beda sesuai dengan gaya permainannya. Dalam kasus Ya Qiong dan Si Wei, Ya Qiong menutupi sebagian besar bagian depan lapangan, dan Si Wei harus menutupi seluruh bagian lapangan. Selain itu, penting untuk menyesuaikan latihan sesuai dengan gaya permainan mereka. Pemain lain bertukar posisi, dan mereka memiliki tuntutan fisik yang berbeda.”

Jadi pekerjaan Anda sangat spesifik untuk pemain.

“Ya, bagi saya, saya selalu berusaha menjadi sangat individual dalam latihan berdasarkan banyak aspek, seperti apakah mereka pernah mengalami cedera, atau gaya bermain mereka, dan juga gaya latihan mereka.”

“Saya bertanggung jawab atas kekuatan, pengondisian, dan pelatihan. Jika mereka mengalami cedera, saya bertanggung jawab atas kembalinya mereka bermain, bekerja sama dengan tim medis. Dan kemudian saya membantu mereka melakukan pemanasan sebelum latihan dan kompetisi.”

Sebelum bergabung mereka pasti sudah mengikuti suatu sistem. Apakah ada banyak perbedaan antara apa yang mereka lakukan dan ide yang Anda bawa?

“Hal pertama ketika Anda bergabung dengan sebuah tim dan terlebih lagi tim China, Anda perlu memahami budaya di balik negara tersebut dan sejarahnya karena mereka telah menjadi tim terbaik selama 20 tahun terakhir dan kemudian saya tidak bisa sampai di sana dan mencoba mengubah segalanya.”

“Awalnya saya mencoba memahami sistem yang mereka miliki dan kemudian mencoba memperkenalkan hal-hal kecil selama pelatihan, bukan mencoba mengubah segalanya di awal. Lalu kami melakukan beberapa perubahan saat pemanasan, misalnya, atau persiapan pertandingan, penyesuaian beban, sesuai kompetisi. Pada awalnya itu adalah perubahan kecil dan mencoba menjelaskan kepada para pemain alasan mengapa kami melakukan semua ini karena, bagi saya, sangat penting bahwa para pemain perlu merasa menjadi bagian dari proses, bukan hanya saya yang mengatakan, kami perlu melakukannya. . Pemain juga harus membuat keputusan tentang pelatihan mereka.”

Artikel Tag: China, pelatih Fisik, Manjon

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/tim-nasional-china-ternyata-datangkan-pelatih-fisik-kebugaran-asal-spanyol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *