Pengamat apresiasi timnas Indonesia bisa lolos ke semifinal

Hampir semua pemain yang sekarang di Piala AFF U-23 itu pemain pelapis

Jakarta (ANTARA) – Pengamat sepak bola Indonesia Mohamad Kusnaeni mengapresiasi keberhasilan Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 mengingat materi pemain tim kali ini yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan tim yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

“Tim ini (Indonesia) bisa maju ke semifinal saja buat saya jadi satu hal positif. Karena dari segi materi pemain tim ini jauh sekali jika dibandingkan dengan tim SEA Games 2023 lalu,” kata Kusnaeni kepada pewarta, Rabu.

Tim Garuda Muda akan menghadapi Thailand dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-23 yang berlangsung di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Kamis pada pukul 20.00 WIB.

Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik seusai memperoleh satu kemenangan tipis dengan skor 1-0 atas Timor Leste. Adapun di laga perdana, Tim Garuda Muda kalah 2-1 dari Malaysia.

Baca juga: Indonesia dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U23

Menurut Kusnaeni, tim Merah Putih memang hanya memiliki persiapan yang minim menjelang Piala AFF U-23 2023 tersebut.

“Jadi hampir semua pemain yang sekarang di Piala AFF U-23 itu pemain pelapis atau yang sebelumnya belum pernah mencicipi pengalaman bermain bersama timnas U-22,” kata Kusnaeni.

Hal itu berbanding terbalik dengan lawan Indonesia di semifinal, Thailand yang menurut Kusnaeni memiliki komposisi pemain yang lebih lengkap dan merata. Ia mengakui Thailand juga mengalami perubahan dari skuad yang bermain di SEA Games tapi kekuatan mereka tetap merata.

Baca juga: Indonesia jaga asa lolos ke semifinal seusai tekuk Timor Leste 1-0

“Thailand itu pemainnya rata, pencetak golnya banyak ada lebih dari tujuh orang. Rata-rata bisa bikin gol semua, sementara kita ini kan masih bergantung pada Sananta sejauh ini,” kata dia.

Kusnaeni menilai kekuatan dari tim berjuluk Gajah Putih tersebut berada di atas Indonesia yang turun tanpa diperkuat sejumlah pemain karena banyak pemain utama absen akibat tak diizinkan klub.

“Jika lihat kekuatan Thailand saat ini mereka masih di atas timnas Indonesia. Kalau saya lihat permainan mereka di fase grup, Thailand itu yang terbaik mainnya dibandingkan dengan Malaysia dan Vietnam,” ungkap Kusnaeni.

Baca juga: STY: Saya mempunyai filosofi sepak bola fairplay

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *