Indonesia jaga asa lolos ke semifinal seusai tekuk Timor Leste 1-0

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia menjaga asa untuk lolos ke semifinal Piala AFF U23 seusai menekuk Timor Leste dengan skor 1-0 pada pertandingan kedua Grup B di Stadion Rayong Provincial, Rayong, Thailand, Minggu.

Kemenangan Indonesia pada pertandingan ini hadir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Ramadhan Sananta menjelang berakhirnya babak pertama, demikian catatan AFF.

Hasil ini membuat Indonesia menempati posisi kedua Grup B Piala AFF U23 dengan perolehan tiga poin dengan selisih gol nol dari dua pertandingan, sedangkan Timor Leste berada di peringkat ketiga tanpa poin.

Pada babak pertama Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu namun beberapa upaya yang dilancarkan masih belum membuahkan hasil.

Skuad asuhan Shin Tae-yong baru mampu mencuri keunggulan pada menit ke-45 usai umpan yang dikirimkan Beckham Putra dapat dimaksimalkan menjadi gol oleh Ramadhan Sananta sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Timnas matangkan persiapan jelang laga perdana Piala AFF U-23

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Bagas Kaffa, akan tetapi bola dapat dihalau oleh kiper Timor Leste Georgino Da Silva.

Skuad Garuda Muda kembali memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan melalui upaya Sananta yang memanfaatkan bola liar di kotak penalti Timor Leste, akan tetapi tendangan pemain Persis Solo tersebut masih menyamping dari gawang.

Gelandang Esal Sahrul hampir memberikan gol kedua untuk Indonesia, akan tetapi tendangan mendatarnya masih dapat dimentahkan oleh Georgino.

Indonesia terus menggempur lini pertahanan Timor Leste dan sempat memiliki peluang melalui Sananta dan Muhammad Ragil, akan tetapi peluang yang didapatkan tidak ada yang berbuah menjadi gol.

Baca juga: Almeida bangga Abdul Rahman dipanggil timnas Indonesia U-23

Sananta sempat kembali membobol gawang Timor Leste, namun tidak disahkan oleh wasit karena hakim garis menganggap pemain tersebut lebih dulu berada dalam posisi offside.

Timor Leste memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika Alexander Moreira mampu melepaskan tendangan keras di kotak penalti Indonesia, akan tetapi bola dapat dimentahkan oleh kiper Ernando Ari.

Selanjutnya Indonesia terus berupaya untuk menambah keunggulan, akan tetapi hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 untuk kemenangan Ramadhan Sananta serta kolega tetap bertahan.

Kini Indonesia masih harus menantikan hasil dari pertandingan pada grup lain agar bisa memastikan langkah ke babak semifinal Piala AFF U23.

Baca juga: Indonesia takluk di tangan Malaysia 1-2

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *